PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI TRANSFORMASI

FERLY ANDREYANTO - Nama Orang;

ABSTRAK
Andreyanto, Ferly. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Transformasi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar., Pembimbing I Megita Dwi Pamungkas, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Aprilia Nurul Chasanah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis, Macromedia Flash, transformasi.
Pendidikan adalah salah satu aset negara yang sangat perlu diperhatikan dalam setiap proses perkembangan suatu bangsa. Salah satu cara untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia adalah dengan meningkatkan keterampilan akademis yang dimiliki oleh para generasi penerus bangsa. Salah satu kemampuan yang perlu diperhatikan adalah kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis sangat berperan dalan dunia pendidikan maupun dalam kehidupan sehari- hari tanpa kita sadari. Di sisi lain, dalam dunia pendidikan formal terdapat mata pelajaran yang sangat istimewa dikarenakan sering dikenal sebagai ilmu pasti. Mata pelajaran tersebut adalah matematika yang sering kali identik dengan angka dan logika. Matematika yang demikian dirasa mata pelajaran yang cukup ideal untuk dijadikan perantara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Namun sayangnya matematika sendiri termasuk ilmu pengetahuan yang masih cukup luas, sehingga penelitian ini menggunakan materi transformasi geometri yang mana pada materi ini cukup memungkinkan untuk memberikan stimulus berupa animasi terhadap kemampuan berpikir kritis. Oleh sebab itu penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash dengan tujuan untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk sebelum digunakan dalam pembelajaran dengan harapan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Penelitian ini diawali dengan observasi dan analisis angket kebutuhan di SMA Kristen Shekinah Temanggung yang mana didapatkan bahwa memang diperlukan pembelajaran yang memanfaatkan teknologi dan mampu meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Setelah mendapatkan gamabaran produk yang dibutuhkan maka penelitian ini berlanjut dengan pembuatan produk kemudian dilakukan uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk. Penelitian yang berjenis RnD ini dilaksanakan menggunakan metode ADDIE yang dirasa sesuai dengan kebutuhan penelitian ini.
Pengembangan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi transformasi ini dinyatakan sangat valid dengan persentase skor 84,875% dari ahli media dan dinyatakan sangat valid juga dengan persentaase skor 91,55% dari ahli materi. Sedangkan dari uji kepraktisan dinyatakan praktis berdasarkan hasil angket respon siswa dengan persentase skor 81,60% dalam kategori sangat praktis. Untuk keefektifan produk dinyatakan efektif berdasarkan hasil perhitungan uji N-Gain dari nilai pretest dan posttest. Perolehan rata-rata skor keefektifan produk tersebut adalah 0,63 dengan kategori sedang. Sedangkan untuk semua subjek didapati mendapatkan nilai N-Gain positif dengan rata-rata 0,626598 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa produk yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Saran untuk pembaca adalah supaya senantiasa termotivasi dan terinspirasi untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa, khususnya pada kemampuan berpikir kritis siswa.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) MATEMATIKA AND P 2023
62-UN57.U1-SPM-IX-2023
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA AND P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XVII;225HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?