Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI TRANSFORMASI
ABSTRAK
Andreyanto, Ferly. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Transformasi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar., Pembimbing I Megita Dwi Pamungkas, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Aprilia Nurul Chasanah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis, Macromedia Flash, transformasi.
Pendidikan adalah salah satu aset negara yang sangat perlu diperhatikan dalam setiap proses perkembangan suatu bangsa. Salah satu cara untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia adalah dengan meningkatkan keterampilan akademis yang dimiliki oleh para generasi penerus bangsa. Salah satu kemampuan yang perlu diperhatikan adalah kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis sangat berperan dalan dunia pendidikan maupun dalam kehidupan sehari- hari tanpa kita sadari. Di sisi lain, dalam dunia pendidikan formal terdapat mata pelajaran yang sangat istimewa dikarenakan sering dikenal sebagai ilmu pasti. Mata pelajaran tersebut adalah matematika yang sering kali identik dengan angka dan logika. Matematika yang demikian dirasa mata pelajaran yang cukup ideal untuk dijadikan perantara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Namun sayangnya matematika sendiri termasuk ilmu pengetahuan yang masih cukup luas, sehingga penelitian ini menggunakan materi transformasi geometri yang mana pada materi ini cukup memungkinkan untuk memberikan stimulus berupa animasi terhadap kemampuan berpikir kritis. Oleh sebab itu penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash dengan tujuan untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk sebelum digunakan dalam pembelajaran dengan harapan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Penelitian ini diawali dengan observasi dan analisis angket kebutuhan di SMA Kristen Shekinah Temanggung yang mana didapatkan bahwa memang diperlukan pembelajaran yang memanfaatkan teknologi dan mampu meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Setelah mendapatkan gamabaran produk yang dibutuhkan maka penelitian ini berlanjut dengan pembuatan produk kemudian dilakukan uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk. Penelitian yang berjenis RnD ini dilaksanakan menggunakan metode ADDIE yang dirasa sesuai dengan kebutuhan penelitian ini.
Pengembangan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi transformasi ini dinyatakan sangat valid dengan persentase skor 84,875% dari ahli media dan dinyatakan sangat valid juga dengan persentaase skor 91,55% dari ahli materi. Sedangkan dari uji kepraktisan dinyatakan praktis berdasarkan hasil angket respon siswa dengan persentase skor 81,60% dalam kategori sangat praktis. Untuk keefektifan produk dinyatakan efektif berdasarkan hasil perhitungan uji N-Gain dari nilai pretest dan posttest. Perolehan rata-rata skor keefektifan produk tersebut adalah 0,63 dengan kategori sedang. Sedangkan untuk semua subjek didapati mendapatkan nilai N-Gain positif dengan rata-rata 0,626598 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa produk yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Saran untuk pembaca adalah supaya senantiasa termotivasi dan terinspirasi untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa, khususnya pada kemampuan berpikir kritis siswa.
62-UN57.U1-SPM-IX-2023 | MATEMATIKA AND P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain