Text
SKRIPSI ANALISIS ASPEK NATURE OF SCIENCE DALAM BUKU TEKS IPA SMP KELAS VII PADA POKOK BAHASAN ZAT DAN PERUBAHANNYA
ABSTRAK
Setiyarini, Lilis. 2023. “Analisis Aspek Nature of Science dalam Buku Teks IPA SMP Kelas VII Pada Pokok Bahasan Zat dan Perubahannya”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Suwito Singgih, S. Pd., M. Pd., Pembimbing II Rina Rahayu, S. Pd., M. Pd.
Berdasarkan hasil survei Programe for International Student Assessment (PISA) kemampuan literasi sains siswa Indonesia tergolong lebih rendah dibandingkan dengan siswa di negara lain. Kemampuan literasi sains yang rendah di Indonesia berkaitan dengan rendahnya implementasi Nature of Science (NOS) dalam buku teks IPA. Hasil skor PISA Malaysia yang lebih tinggi dapat dijadikan pembanding bagaimana representasi NOS yang tepat. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan penyajian dan perbandingan kemunculan aspek NOS antara buku IPA di Indonesia dan di Malaysia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain analisis konten yang bersifat komparatif. Fokus penelitian ini pada buku IPA SMP Kelas VII Kurikulum Merdeka terbitan Kemendikbudristek dan buku teks sains Tingkatan 1 terbitan Kementerian Pendidikan Malaysia. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu dengan menganalisis dokumen masing-masing buku teks dan berpedoman pada instrument penelitian sepuluh aspek NOS menurut Abd el-Khalick (2008). Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu uji kepercayaan, uji keteralihan, uji kebergantungan, dan uji kepastian. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu metode perbandingan tetap yang dikembangkan oleh Moloeng (2014). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada buku IPA di Indonesia telah menyajikan semua 10 aspek NOS, sedangkan buku IPA Malaysia telah menyajikan 9 aspek NOS dengan aspek yang belum dimunculkan adalah aspek theory-drive. Kedua buku telah menyajikan aspek NOS secara eksplisit akan tetapi masih banyak yang disajikan secara implisit. Perbandingan kemunculan aspek NOS buku teks IPA Indonesia dan Malaysia jika dilihat dari jumlah aspek NOS yang direpresentasikan, maka buku teks IPA Indonesia memiliki jumlah aspek yang lengkap dibanding buku teks IPA Malaysia. Namun jika dilihat dari skor total maka buku teks IPA Malaysia lebih unggul daripada buku teks IPA Indonesia. Sehingga, hasil penelitian ini diharapkan bagi penerbit dan penulis lebih memperhatikan jumlah penyajian aspek NOS secara eksplisit, konsisten, dan benar. Bagi guru dan sekolah diharapkan lebih mempertimbangkan penyajian aspek NOS secara eksplisit dalam memilih buku teks, dan bagi penelitian selanjutnya dapat dilakukan pengembangan bahan ajar yang terintergrasi NOS yang eksplisit agar dapat menungkatkan kemampuan penguasaan konsep, keterampilan proses sains, dan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Kata Kunci: Analisis Buku, Nature of Science, Buku Teks IPA
91-UN57.U1-SI-IX-2023 | IPA SET A 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain