Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMP
ABSTRAK
Rahmawati, Eni. 2023. “Pengembangan Bahan Ajar E-modul untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Siswanto, M.Pd., Pembimbing II Nuryunita Dewantari, M.Pd.
Kata Kunci : E-modul, Literasi Sains
Literasi sains pada era global sangat penting untuk dimiliki, dimana masyarakat saat ini hidup dengan gaya modern yang dipengaruhi oleh adanya perkembangan sains dan perkembangan teknologi. Berdasarkan wawancara dengan guru IPA SMP N 13 Magelang didapat informasi bahwa keterampilan literasi siswa masih kurang. Selain itu, berdasarkan hasil pengerjaan soal yang dilakukan siswa setelah pembelajaran, siswa kurang mampu memahami suatu wacana atau bacaan yang disertai dengan soal terkait literasi sains, sehingga membuat siswa tidak menjawab soal dengan benar.
Kemampuan literasi sains perlu dimiliki siswa agar mampu menyikapi berbagai isu sains yang berkembang di masyarakat. Peneliti menyarankan adanya pengembangan bahan ajar berupa E-modul. E-modul dapat digunakan dalam pembelajaran dan dapat digunakan untuk mengetahui pengaruh keterlaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan literasi sians siswa dengan menerapkan bahan ajar e-modul IPA materi cahaya dan alat optik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, keefektifan dan kepraktisan E-modul. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Kevalidan E-modul dilakukan oleh tiga ahli dan siswa untuk menguji reabilitas. Pengujian lain dilakukan dengan pretest dan posttest oleh siswa SMP. Subjek pada penelitian ini dilakukan oleh siswa kelas VIII. Selain itu, ada uji kepraktisan yang dilakukan oleh guru dan siswa.
Berdasarkan uji yang telah dilakukan, penelitian menunjukkan hasil bahwa E-modul dinyatakan valid dan layak untuk digunakan. Data perolehan pada uji kevalidan adalah 84% dengan kategori sangat valid. Uji keefektifan dilakukan dengan uji prasyarat, yaitu uji normalitas dengan perolehan pretest a = 0,056 dan posttest a = 0,157 atau data terdistribusi normal, uji homogenitas menunjukkan data bersifat homogen, uji-T dengan perolehan 0,000 dan uji N-gain sebesar 0,77 dengan kategori tinggi. Adapun uji kepraktisan dengan rata-rata 84% oleh siswa dengan kategori praktis dan 55% oleh guru dengan kategori sangat praktis.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah E-modul layak untuk digunakan. Efektif dan praktis untuk meningkatkan literasi sains siswa. E-modul dapat digunakan secara fleksibel, dimana saja dan kapan saja.
90-UN57.U1-SI-IX-2023 | IPA RAH P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain