PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH IPA SISWA SMP

ZUANTIKA ANGGRAENI - Nama Orang;

ABSTRAK
Anggraeni, Zuantika. 2023. “Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah IPA Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Nuryunita Dewantari, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Rina Rahayu, M.Pd.
Keterampilan Pemecahan masalah berarti proses mengatasi kesulitan yang dihadapi untuk mencapai tujuan penyelesaian masalah itu biasa saja indikator pemecahan masalah. Perlu mengukur kemampuan pemecahan masalah beberapa indikatorPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Problem Based Learning melalui metode brainstorming dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa SMP Oleh karena itu keterampilan pemecahan masalah adalah sebuah teknik yang sederhana untuk mengetahui adanya tingkat kemampuan untuk mengetahui seberapa pentingnya kemampuan pemecahan masalah yang siswa miliki. Objek dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP N 1 Tegalrejo semester ganjil dengan tahun ajaran 2021/2022. Menggunakan kelas sebagai pembanding sebanyak 2 kelas yaitu model pembelajaran problem based learning sebagai kelas eksperimen dan kelas discovery learning sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan 8 soal uraian yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Hasil uji effect size bahwa pengaruh tinggi yaitu pada kelas eksperimen sebasar 0,311 sedangkan pada kelas kontrol 0,61 hal tersebut menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning memberikan kefektifan terhadap pemecahan masalah.
Kata Kunci: Problem Based Learning, keterampilan pemecahan masalah, Brainstorming.


Ketersediaan
89-UN57.U1-SI-IX-2023IPA ANG I 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA ANG I 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XIV;87HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik