Text
SKRIPSI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH IPA SISWA SMP
ABSTRAK
Anggraeni, Zuantika. 2023. “Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah IPA Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Nuryunita Dewantari, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Rina Rahayu, M.Pd.
Keterampilan Pemecahan masalah berarti proses mengatasi kesulitan yang dihadapi untuk mencapai tujuan penyelesaian masalah itu biasa saja indikator pemecahan masalah. Perlu mengukur kemampuan pemecahan masalah beberapa indikatorPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Problem Based Learning melalui metode brainstorming dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa SMP Oleh karena itu keterampilan pemecahan masalah adalah sebuah teknik yang sederhana untuk mengetahui adanya tingkat kemampuan untuk mengetahui seberapa pentingnya kemampuan pemecahan masalah yang siswa miliki. Objek dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP N 1 Tegalrejo semester ganjil dengan tahun ajaran 2021/2022. Menggunakan kelas sebagai pembanding sebanyak 2 kelas yaitu model pembelajaran problem based learning sebagai kelas eksperimen dan kelas discovery learning sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan 8 soal uraian yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Hasil uji effect size bahwa pengaruh tinggi yaitu pada kelas eksperimen sebasar 0,311 sedangkan pada kelas kontrol 0,61 hal tersebut menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning memberikan kefektifan terhadap pemecahan masalah.
Kata Kunci: Problem Based Learning, keterampilan pemecahan masalah, Brainstorming.
89-UN57.U1-SI-IX-2023 | IPA ANG I 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain