PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ERP (ENGAGE, RESEARCH, PRESENT) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA SMP

DETI INTAN FEBRIANTI - Nama Orang;

ABSTRAK
Febrianti, Deti Intan. 2023. “Implementasi Model Pembelajaran ERP (Engage, Research, Present) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA Siswa SMP”. Skripsi Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Siswanto, M.Pd, dan Pembimbing II Riva Ismawati, M.Sc
Kata Kunci : model pembelajaran ERP;penguasaan konsep;mindmap Penguasaan konsep merupakan pondasi yang dibutuhkan manusia dalam menguasai ilmu pengetahuan untuk mencapai proses kognitif dan mampu menerapkan konsep tersebut dalam pembelajaran dan menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian menggunakan penelitian kuantitatif, metode kuasi-eksperimen dan desain non-equivalent control group design. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan penguasaan konsep IPA oleh siswa dengan penggunaan model pembelajaran ERP pada materi system ekskresi manusia di SMPN 8 Magelang. Model ERP terdapat 3 langkah. yaitu fase engage, fase research, fase present. Sampel diambil dengan teknik random sampling, kelas ekperimen di VIII C dan kelas kontrol di VIIIA. Penelitian ini menggunakan pretest sebelum perlakuan dan posttest sesudah perlakuan model pembalajaran. Instrumen penelitian berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji signifikasi terdiri dari, uji N-Gain dan Uji T. Hasil Uji T sebesar 0.000 < 0.05 yang artinya terdapat perbedaan rata-rata. Hasil uji N-Gain kelas eksperimen sebesar 0.4959 dengan kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0.2776 dengan kategori rendah, menunjukkan bahwa pengaruh model ERP lebih besar dari model pembelajaran discovery learning. Hasil dari penelitian menunjukkan penggunaan model pembelajaran ERP efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa.


Ketersediaan
92-UN57.U1-SI-IX-2023IPA FEB I 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA FEB I 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XIV;196HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik