Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN KERJASAMA PESERTA DIDIK PADA MATERI VIRUS KELAS X DI MAN KOTA MAGELANG
ABSTRAK
Mufidah, Kurnia Hanik. 2023. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemampuan Kerjasama Siswa pada Materi Virus Kelas X di MAN Kota Magelang”. Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd., Pembimbing II Dr. Ericka Darmawan, M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Kerjasama, Keterampilan Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Virus
Keterampilan abad 21 yaitu critical thinking skills, collaboration skills, communications skills, creativity and innovations skills. Proses pembelajaran pada peserta didik kelas X di MAN Kota Magelang belum menekankan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan kerjasama. Model pembelajaran yang digunakan juga masih menggunakan model konvensional yaitu teacher centered. Materi virus merupakan salah satu materi yang cenderung lebih banyak hafalan tanpa memahami materi secara dalam dan mengorientasikan peserta didik pada masalah.
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan kemampuan kerjasama peserta didik pada materi virus kelas X di MAN Kota Magelang.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X MAN Kota Magelang dengan sampel yang digunakan yaitu kelas X-5 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 peserta didik dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji validitas instrumen, analisis deskriptif, dan analisis inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest keterampilan berpikir kritis dan kemampuan kerjasama peserta didik terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen memiliki rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil analisis hipotesis pada nilai posttest keterampilan berpikir kritis peserta didik memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti nilai sig. < 0,05. Pada data kemampuan kerjasama peserta didik diketahui hasil analisis hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti nilai sig. < 0,05.
Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning memberikan pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis dan kemampuan kerjasama peserta didik dalam mempelajari materi virus. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan kemampuan kerjasama peserta didik setelah penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning yang diberikan kepada kelas eksperimen peserta didik kelas X MAN Kota Magelang.
71-UN57.U1-SPB-X-2023 | BIOLOGI MUF P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain