Text
SKRIPSI PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, PERSISTENSI LABA, DAN PERTUMBUHAN LABA TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI
ABSTRAK
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh pengungkapan corporate social responsibility, persistensi laba, dan pertumbuhan laba terhadap manajemen laba dengan dimoderasi oleh profitabilitas. Penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel. Penggunaan analisis regresi data panel ini sebab data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data gabungan antara data time series dan data cross section. Penelitian ini menggunakan populasi yaitu perusahaan sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020. Melalui teknik pemilihan sampel dengan metode purposive sampling diperoleh sebanyak 34 sampel perusahaan yang terpilih menjadi sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan model regresi data panel yaitu Fixed Effect Model (FEM) yang diolah dengan menggunakan program Eviews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh signifikan negatif terhadap manajemen laba, persistensi laba berpengaruh signifikan negatif terhadap manajemen laba, dan pertumbuhan laba berpengaruh signifikan negatif terhadap manajemen laba. Sedangkan profitabilitas tidak mampu memoderasi pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap manajemen laba, profitabilitas mampu memoderasi pengaruh persistensi laba terhadap manajemen laba, dan profitabilitas mampu memoderasi pengaruh pertumbuhan laba terhadap manajemen laba.
Kata Kunci : Manajemen Laba, Corporate Social Responsibility, Persistensi Laba, Pertumbuhan Laba, Profitabilitas
70-UN57.U1-SAK-X-2023 | AHLI-AKUNTANSI NAD P 2023 | Ruang Skripsi (AHLI-AKUNTANSI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain