Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMP
ABSTRAK
Ramadhanti, Sukma.2023. "Keefektifan Pembelajaran Quantum Learning berbantuan Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Eli Trisnowati ,S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Eko Juliyanto, S.Pd., M.Pd.
Keterampilan berpikir kreatif merupakan gabungan antara cara berpikir logis dengan berpikir divergen sesuai dari intuisi dalam keadaan sadar dengan membangun penjelasan dan mengembangkan solusi. Pentingnya keterampilan berpikir kreatif untuk menciptakan ide yang baru dengan menggabungkan, mengubah dan menerapkan ide telah ada sebelumnya, sehingga menghasilkan karya yang unik. Beberapa penelitian menyebutkan keterampilan berpikir kreatif dapat ditingkatkan melalui pembelajaran Quantum Learning berbantuan Mind Mapping. Selanjutnya berbantuan mind mapping agar waktu yang dibutuhkan dalam pembelajaran lebih efisien karena memudahkan melihat gambar keseluruhan dengan mengkaji ulang materi dapat lebih cepat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran quantum learning berbantuan mind mapping untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik SMP.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII E sebagai kelas kontrol dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa soal uraian sebanyak 8 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.
Hasil analisis data diperoleh bahwa hasil uji-t yaitu 0,000 < 0,05 artinya ada perbedaan nilai posttest dari kedua kelas. Hasil uji effect size sebesar 1,180 katerogi pengaruh tinggi. Hasil N-gain kelas eksperimen memperoleh nilai sebesar 0,716 kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,343 kategori rendah.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran quantum learning berbantuan mind mapping untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik SMP.
Kata kunci: quantum learning, mind mapping, keterampilan berpikir kreatif, keefektifan.
96-UN57.U1-SI-X-2023 | IPA RAM K 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain