PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATERI TEKANAN ZAT DAN PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DI MTSN 3 MAGELANG

KARTIKA PUTRI WULANDARI - Nama Orang;

ABSTRAK
Wulandari, Kartika Putri. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Materi Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-Hari di MtsN 3 Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd.
Kata Kunci: Model pembelajaran inkuiri terbimbing, hasil belajar kognitif
Proses yang terjadi antara seorang guru dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran disebut juga dengan belajar. Hasil belajar merupakan kemampuan yang dicapai peserta didik berdasarkan penilaian akhir dari kegiatan pembelajaran dan pemahaman ulang. Berdasarkan hasil observasi di Mtsn 3 Magelang, model pembelajaran yang diterapkan adalah model konvensional sehingga minat siswa untuk belajar dan mendapatkan nilai yang baik masih kurang.
Fokus permasalahan yang diteliti yaitu perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik dengan menggunakan model inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar pada ranah kognitif siswa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model konvensional.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah siswa dari kelas VIII C dan VIII F dengan teknik purposive sampling dikarenakan sejumlah faktor untuk memastikan bahwa data yang dikumpulkan sesuai dengan tujuan penelitian. Faktor yang dimaksud adalah jumlah siswa dan guru di setiap kelas VIII adalah sama. Jenis instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes berupa pretest-posttest.
Hasil penelitian dengan menggunakan uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,188 untuk pretest dan nilai signifikansi sebesar 0,000 untuk posttest pada kelas perlakuan dan kelas kontrol. Nilai posttest menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis kurang dari 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak.
Simpulan dari temuan ini adalah siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing dan siswa yang tidak menggunakan model inkuiri terbimbing memiliki hasil belajar kognitif yang berbeda. Saran yang dapat diberikan kepada pendidik diharapkan untuk menjadikan model inkuri terbimbing sebagai alternatif dalam menyampaikan materi kepada siswa ketika proses pembelajaran. Saran lain yang ditujukan kepada peneliti selanjutnya diharapkan melakukan penelitian untuk hasil belajar pada ranah lain dengan menggunakan metode pembelajaran yang lebih efektif dan sesuai serta variabel terikat yang berbeda.


Ketersediaan
94-UN57.U1-SI-X-2023IPA WUL P 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA WUL P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XII;114HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik