Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATERI TEKANAN ZAT DAN PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DI MTSN 3 MAGELANG
ABSTRAK
Wulandari, Kartika Putri. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Materi Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-Hari di MtsN 3 Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd.
Kata Kunci: Model pembelajaran inkuiri terbimbing, hasil belajar kognitif
Proses yang terjadi antara seorang guru dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran disebut juga dengan belajar. Hasil belajar merupakan kemampuan yang dicapai peserta didik berdasarkan penilaian akhir dari kegiatan pembelajaran dan pemahaman ulang. Berdasarkan hasil observasi di Mtsn 3 Magelang, model pembelajaran yang diterapkan adalah model konvensional sehingga minat siswa untuk belajar dan mendapatkan nilai yang baik masih kurang.
Fokus permasalahan yang diteliti yaitu perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik dengan menggunakan model inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar pada ranah kognitif siswa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model konvensional.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah siswa dari kelas VIII C dan VIII F dengan teknik purposive sampling dikarenakan sejumlah faktor untuk memastikan bahwa data yang dikumpulkan sesuai dengan tujuan penelitian. Faktor yang dimaksud adalah jumlah siswa dan guru di setiap kelas VIII adalah sama. Jenis instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes berupa pretest-posttest.
Hasil penelitian dengan menggunakan uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,188 untuk pretest dan nilai signifikansi sebesar 0,000 untuk posttest pada kelas perlakuan dan kelas kontrol. Nilai posttest menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis kurang dari 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak.
Simpulan dari temuan ini adalah siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing dan siswa yang tidak menggunakan model inkuiri terbimbing memiliki hasil belajar kognitif yang berbeda. Saran yang dapat diberikan kepada pendidik diharapkan untuk menjadikan model inkuri terbimbing sebagai alternatif dalam menyampaikan materi kepada siswa ketika proses pembelajaran. Saran lain yang ditujukan kepada peneliti selanjutnya diharapkan melakukan penelitian untuk hasil belajar pada ranah lain dengan menggunakan metode pembelajaran yang lebih efektif dan sesuai serta variabel terikat yang berbeda.
94-UN57.U1-SI-X-2023 | IPA WUL P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain