Text
SKRIPSI KOMPARASI EFEKTIVITAS IKLAN POCARI SWEAT “BINTANG SMA” TERHADAP PENGGEMAR ANIME DAN NON PENGGEMAR ANIME DI YOGYAKARTA
ABSTRAK
KOMPARASI EFEKTIVITAS IKLAN POCARI SWEAT “BINTANG SMA” TERHADAP PENGGEMAR ANIME DAN NON PENGGEMAR ANIME DI YOGYAKARTA
MUHAMMAD FACHRI FANDIAR
Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar
Perkembangan teknologi yang pesat disertai dengan hadirnya internet memberikan peluang baru bagi perusahaan untuk melakukan pemasaran, salah satunya dengan memanfaatkan media sosial YouTube. Salah satu perusahaan yang menggunakan media sosial YouTube untuk melakukan pemasaran adalah Pocari Sweat dengan iklan “Bintang SMA” yang memiliki visualisasi anime serta mengarah kepada segementasi penggemar anime. Namun tentunya iklan tersebut tidak hanya disaksikan oleh audiens penggemar anime, melainkan audiens non penggemar anime juga menjadi kelompok audiens yang menyaksikan iklan tersebut. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui komparasi efektivitas iklan pocari sweat “Bintang SMA” terhadap penggemar anime dan non penggemar anime di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis ekprerimental one-shot case study. Data pada penelitian ini didapatkan dengan menyebar kepada kuesioner 50 responden penggemar anime dan 50 responden non penggemar anime, kedua kelompok sampel didapatkan dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Data yang telah valid dan reliabel kemudian diolah dengan bantuan SPSS. Hasil analisis menunjukan bahwa nilai signifikansi variabel < 0,05, sehingga variabel variabel Iklan Pocari Sweat “Bintang SMA” berpengaruh tehadap variabel Efektifitas Ikan terhadap audiens. Kemudian berdasaran uji EPIC Model, didapatkan skor EPIC Rate sebesar 4,1 untuk responden penggemar anime, sedangkan EPIC Rate dari kelompok responden non penggemar anime adalah sebesar 4,0. Kemudian, berdasarkan Uji independent samples t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,585 > 0,05 sehingga dapat dinyatakan bahwa bahwa tidak ada perbedaan efektivitas iklan Pocari Sweat “Bintang SMA” terhadap penggemar anime dan non penggemar anime. iklan Pocari Sweat “Bintang SMA” dinilai efektif terhadap responden penggemar anime dan non penggemar anime.
Kata Kunci: Efektivitas, EPIC Model, Iklan Pocari Sweat "Bintang SMA", Audiens
36-UN57.U1-SIK-X-2023 | KOMUNIKASI FAN K 2023 | Ruang Skripsi (ILMU KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain