Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TEMA AIR SUMBER KEHIDUPAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SMP NEGERI 13 MAGELANG
ABSTRAK
Irawati, Aisyiyah. 2023. “Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Tema Air Sumber Kehidupan untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains SMP Negeri 13 Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Riva Ismawati, M.Sc., Pembimbing II Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd.
Kata Kunci: keterampilan proses sains, efektif, project based learning
Partisipasi adanya keterampilan proses sains pada pembelajaran sangat penting agar diajarkan kepada siswa. SMP Negeri 13 Magelang kategori keterampilan proses sainsnya masih dikategori rendah mengingat pada proses pembelajaran tenaga pendidik menerapkan metode konvensional (ceramah, diskusi, dan tanya jawab) atau direct learning dimana terfokus di guru. Aspek keterampilan proses sains belum dikuasai siswa adalah memprediksi apa yang mungkin terjadi sebelum melakukan kegiatan pembuatan proyek, menarik kesimpulan secara mandiri karena masih didukung oleh guru, dan aspek mengkomunikasikan hasil karena siswa belum mampu menginterpretasikan hasil kegiatan atau peristiwa dengan baik.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran project based learning (PjBL) tema air sumber kehidupan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
Metodologi penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment dan pretest-postest control group design. Kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sample. Data dihasilkan berdasarkan dengan perolehan skor dari 10 tes uraian keterampilan proses sains.
Hasil uji t-test dengan Independet Sample T-test memperoleh hasil sig. (2-tailed)nya < 0,05 yaitu 0,046 yang membuktikan bahwa ada perbedaan yang signifikan. Uji n-gain untuk kelas eksperimen adalah 0,509 sedangkan n-gain untuk kelas kontrol adalah 0,454. Hasil n-gain memperoleh kategori sedang atau cukup efektif. Model pembelajaran project based learning tema air sumber kehidupan jika dilihat dari hasil uji t-test dan n-gain terbukti cukup efektif digunakan dalam peningkatan keterampilan proses sains.
99-UN57.U1-SI-X-2023 | IPA IRA E 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain