Text
SKRIPSI ANALISIS KEGIATAN EKSPERIMEN PADA BUKU TEKS IPA SMP/MTs KURIKULUM 2013 DITINJAU DARI ASPEK INQUIRY LEVEL INDEX (ILI) DAN LABORATORY ASSESSMENT INVENTORY (LAI) TOPIK SUHU DAN PERUBAHANNYA
ABSTRAK
Nur’aini, Tri Ananda. 2023.
“Analisis Kegiatan Eksperimen pada Buku Teks IPA SMP/MTS Kurikulum 2013 Ditinjau dari Aspek Inquiry Level Index (ILI) dan Laboratory Assessment Inventory (LAI) Topik Suhu dan Perubahannya”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Siswanto, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Rina Rahayu, M.Pd.
Buku teks adalah acuan yang dapat digunakan di sekolah yang didalamnya berisi materi pembelajaran untuk meningkatkan akhlak siswa, agama, kecakapan teknis, kepekaan serta kemampuan estetis, potensi fisik dan mental yang disusun berdasarkan Standar Nasional Pendidikan. Temuan penelitian sebelumnya tentang analisis buku teks IPA sebgaian besar berfokus pada analisis bahasa, gambar, fitur tekstual, dan analogi. Oleh sebab itu, penelitian ini memperluas analisis isi buku teks IPA untuk menguji tingkat kegiatan eksperimen. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kegiatan eksperimen dalam buku teks IPA SMP/MTs kurikulum 2013 pada topik Suhu dan Perubahannya. Pada penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan menganalisis kegiatan eksperimen pada kedua buku teks. Unsur yang dianalisis berkaitan dengan inkuiri laboratorium dievaluasi dengan menggunakan tingkat keterbukaan inkuiri. Kemudian untuk kinerja siswa dalam kegiatan eksperimen diselidiki menggunakan LAI. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji reliabilitas. Sedangkan untuk menganalisis data, menggunakan metode banding tetap diantaranya mereduksi data, mengorganisasi, mengkategorisasi, sintesisasi, serta menyusun hipotesis. Hasil penelitian ini adalah kegiatan eksperimen aspek ILI dalam buku teks IPA SMP hanya tiga level kegiatan yang muncul di setiap buku teks, yaitu level nol, satu, dan dua. Kegiatan eksperimen dalam buku teks tersebut memungkinkan penyelidikan tingkat tinggi, akan tetapi tidak semua kegiatan eksperimen yang ditemukan dapat dilakukan penyelidikan tingkat tinggi. Hal ini karena hanya ada satu kegiatan eksperimen yang menempati level dua dalam buku teks IPA tersebut. Kegiatan eksperimen yang ada hanya fokus pada sejumlah tugas prosedural, dengan demikian siswa tidak dituntun untuk mengembangkan ide dan menguasai keterampilan berpikir yang lebih tinggi. Kemudian kegiatan eksperimen jika ditinjau dari aspek LAI menunjukkan bahwa semua aspek yang ada ditemukan pada kedua buku teks, akan tetapi tidak semua indikator di setiap aspek LAI muncul. Simpulan dari penelitian ini yaitu kegiatan eksperimen dalam buku teks mendorong siswa untuk mengembangkan inkuiri tingkat rendah. Buku teks tidak memfasilitasi siswa dalam mengembangkan pemahaman mereka melalui kegiatan langsung. Hal ini didukung oleh peran guru yang menggunakan kegiatan laboratorium hanya untuk memverifikasi konsep yang dipelajari di kelas. Oleh karena itu, diperlukan beberapa perubahan untuk mendukung pelaksanaan kegiatan laboratorium terbuka, seperti peran guru dalam merancang kegiatan ini dan penilaian yang digunakan.
Kata Kunci: Kegiatan Eksperimen, ILI dan LAI, Buku Teks IPA, Suhu dan Perubahannya.
97-UN57.U1-SI-X-2023 | IPA NUR A 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain