Text
SKRIPSI PERAN MAS & MBAK DUTA WISATA DALAM MEMPROMOSIKAN PARIWISATA DI KABUPATEN MAGELANG
ABSTRAK
(Imam Setyo, 2023)
Peran Mas & Mbak Duta Wisata dalam Mempromosikan Pariwisata di Kabupaten Magelang
Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Tidar
Duta Wisata terpilih dirasa belum berperan aktif dalam mempromosikan wisata di wilayah Kabupaten Magelang, sehingga adanya Duta Wisata ini belum memunculkan dampak yang signifikan untuk kemajuan pariwisata di Kabupaten Magelang. Dari permasalahan tersebut, peneliti ingin melihat peran Mas & Mbak Duta Wisata dalam mempromosikan wisata di Kabupaten Magelang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme. Sasaran pada penelitian adalah informan kunci ditentukan menggunakan purposive / judgment sampling. Data diolah dengan teknik Miles & Huberman. Hasil penelitian diketahui bahwa Mas & Mbak Duta Wisata Kabupaten Magelang sudah kompeten sebagai komunikator, atribut kelayakan peran tersebut dilihat melalui Model TEARS. Model komunikasi SMCR diketahui bahwa Mas & Mbak Duta Wisata Kabupaten Magelang belum dapat menyampaikan pesan dengan baik, sehingga proses komunikasi ini mengalami kendala pada bagian channel yang dimana pesan yang disampaikan tidak tersampaikan dengan baik. Dikerucutkan apabila peran dari Paguyuban Mas & Mbak Duta Wisata Kabupaten Magelang masih belum optimal dalam dalam mempromosikan wisata di Kabupaten Magelang. Paguyuban Mas & Mbak Duta Wisata Kabupaten Magelang juga menjalankan perannya dan sudah kompeten sebagi sosok duta, tetapi tetap membutuhkan dukungan dari berbagai pihak seperti Dinas yang terkait denga pariwisata.
Kata kunci: Peran, Duta Wisata, SMCR
54-UN57.U1-SIK-X-2023 | KOMUNIKASI SET P 2023 | Ruang Skripsi (ILMU KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain