Text
SKRIPSI TEKNIK PENULISAN NASKAH DALAM PROSES PRODUKSI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BAHAYA PENGGUNAAN PLASTIK
ABSTRAK
Siti Nurhidayati, (2023): “Teknik Penulisan Naskah dalam Proses Produksi Iklan Layanan Masyarakat Bahaya Penggunaan Plastik”. Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar.
Iklan Layanan Masyarakat merupakan iklan yang diproduksi oleh lembaga komersial maupun non-komersial, dengan tujuan sosial. ILM bersifat persuasif, disebarkan melalui saluran komunikasi dan bertujuan untuk memberikan edukasi, menumbuhkah kesadaran dan perubahan sikap khalayak pada suatu isu, serta membentuk citra dalam benak masyarakat. Iklan Layanan Masyarakat pada produksi ini mengangkat isu mengenai limbah plastik yang membahayakan lingkungan beserta makhluk hidup di dalamnya, dengan judul “Bahaya Penggunaan Plastik”. Karya ini menggunakan landasan teori Komunikasi Massa dan teori Persuasif yang berkaitan dengan tujuan iklan. Pertama Iklan Layanan Masyarakat “Bahaya Penggunaan Plastik” bertujuan untuk mendorong atau mempengaruhi pikirian, perilaku, dan tindakan masyarakat agar lebih bijaksana dalam menyikapi isu sampah plastik. kedua, Iklan Layanan Masyarakat “Bahaya Penggunaan Plastik” menjadi produk komunikasi massa yang disebarkan melalui media massa. Sehingga, pesan dalam iklan tersebut tersampaikan kepada khalayak luas secara tepat dan efektif. Kemudian tujuan lain penulisan ini yaitu menjelaskan peran penulis naskah, mulai dari tahap pra produksi hingga pasca produksi. Serta menjelaskan teknik-teknik penulisan naskah Iklan Layanan Masyarakat “Bahaya Penggunaan Plastik” sehingga iklan dapat divisualisasikan atau diproduksi.
Kata kunci: Iklan Layanan Masyarakat, Komunikasi Massa, Persuasif, Teknik Penulisan Naskah.
50-UN57.U1-SIK-X-2023 | KOMUNIKASI NUR T 2023 | Ruang Skripsi (ILMU KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain