Text
SKRIPSI PERAN SUTRADARA DALAM PROSES PRODUKSI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “BAHAYA PENGGUNAAN PLASTIK”
ABSTRAK
(Ludfi Puji Lestari, 2023)
PERAN SUTRADARA DALAM PROSES PRODIKSI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “BAHAYA PENGGUNAAN PLASTIK”
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Tidar
Keberaaan plastik menjadi salah satu benda yang sangat mudah ditemukan di berbagai lingkungan. Penggunaan plastik secara terus-merus mulai dari skala kecil hingga besar, tentu bukanlah perilaku yang bijak. Iklan Layanan Masyarakat “Bahaya Penggunaan Plastik” merupakan sebuah iklan layanan masyarakat yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan bahaya penggunanaan plastik. Dalam iklan ini menunjukkan kebiasaan mayarakat yang selalu menggunakan kantong plastik dalam kehidupan sehari-hari, akan menimbulkan masalah dan dampak nyata yang membahayakan manusia itu sendiri. Teori atau konsep yang di gunakan dalam iklan ini yaitu; Teori Komunikasi Massa, Teori Komunikasi Persuasif, dll. Hasil laporan menunjukkan keberhasilan karya ditentukan dari kinerja sutradara meliputi: pertama, ketika pra produksi sutradara akan membuat skenario bersama penulis naskah sesuai dengan ide cerita dan menentukan lokasi serta talent untuk shooting. Kedua, saat produksi suradara akan memimpin jalannya proses produksi dan mengarahkan talent agar sesuai dengan yang di inginkan dan memimpin para crew yang terlibat didalam produksi. Ketiga, terakhir pasca produksi sutradara akan melakukan evaluasi mengenai produksi yang telah dilakukan terkait dengan talent maupun para crew, kemudian sutradara juga akan mengecek hasil editing dengan editor secara online untuk mendapatkan hasil yang tepat dan sesuai. Keempat, penulis mengharapkan hasil laporan akhir ini dapat memberikan kontribusi bagi Ilmu Komunikasi, khususnya mengenai media massa atau media online serta komunikasi persuasi. Terutama bagi penulis selanjutnya yang berperan sebagai sutradara di dalam proses produksi iklan layanan masyarakat.
Kata Kunci: Iklan Layanan Masyarakat (ILM), Komunikasi Massa, Komunikasi Persuasif, Pengolahan Sampah
44-UN57.U1-SIK-X-2023 | KOMUNIKASI LES P 2023 | Ruang Skripsi (ILMU KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain