Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) BERBANTUAN ARGUMENT MAPPING TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS KELAS X SMA N 1 CANDIMULYO
ABSTRAK
Taufiqurrohman, Muhammad. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning (BBL) Berbantuan Argument mapping terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Virus Kelas X SMA N 1 Candimulyo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ericka Darmawan, M.Pd., Pembimbing II Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd.
Kata Kunci: Argument mapping, Brain Based Learning, Higher Order Thinking Skills (HOTS), Motivasi Belajar
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya kemampuan Higher Order Thinking Skills dan motivasi belajar siswa pada materi virus. Selain itu dalam proses pembelajaran yang digunakan masih berpusat pada guru. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata penilaian akhir semester (PAS) kelas X yang memperoleh nilai 58,75 dibawah KKM. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Brain Based Learning berbantuan Argument mapping terhadap Higher Order Thinking Skills dan motivasi belajar siswa pada materi virus. Metode yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain The Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Candimulyo dengan subjek penelitian menggunakan dua kelas, yaitu kelas X1 sebagai kelas kontrol dan kelas X5 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel Purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa lembar tes, angket motivasi, dan lembar observasi. Data yang diperoleh dari penelitian adalah nilai pretest dan posttest materi virus, pengisian angket motivasi belajar, serta hasil observasi. Berdasarkan hasil penelitian, dengan diterapkanya model pembelajaran Brain Based Learning berbantuan Argument mapping pada materi virus terbukti berpengaruh pada kemampuan Higher Order Thinking Skills dan motivasi belajar siswa. Pengaruh penerapan model pembelajaran tersebut pada kemampuan Higher Order Thinking Skills siswa dibuktikan dengan hasil uji Ancova yang mendapat nilai Sig. sebesar 0,000. Pengaruh penerapan model pembelajaran tersebut pada motivasi belajar siswa dibuktikan dengan hasil uji Mann Whitney u Test yang mendapat nilai sebesar 0,000. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada model pembelajaran Brain Based Learning berbantuan Argument mapping terhadap Higher Order Thinking Skills dan motivasi belajar siswa kelas X pada materi virus. Melalui pembelajaran Brain Based Learning berbantuan Argument mapping dapat dijadikan sebagai inovasi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan Higher Order Tinking Skills dan motivasi belajar siswa.
75-UN57.U1-SPB-X-2023 | BIOLOGI TAU P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain