Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH KELAS XI SMA NEGERI 1 MERTOYUDAN
ABSTRAK
Wijaya, Monica. 2023.
“Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh Kelas XI SMA Negeri 1 Mertoyudan”. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Ika Sukmawati, M.Pd. Pembimbing II Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar Kognitif, Materi Sistem Pertahanan Tubuh, Model Brain Based Learning, Motivasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar kognitif dan motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Mertoyudan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penerapan model Brain Based Learning. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning terhadap hasil belajar kognitif dan motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Mertoyudan pada materi sistem pertahanan tubuh. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain pretestposttest nonequivalent control group. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif serta uji hipotesis dengan uji T independen dan uji Mann- Whitney pada taraf signifikansi ∝=0,05. Berdasarkan hasil penelitian nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 85,94, sedangkan rata-rata posttest kelas kontrol adalah 72,83. Hasil ini menunjukan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil uji hipotesis mendapat hasil signifikansi sebesar 0,000 (sig. < 0,05), yang berarti H1 diterima atau terdapat perbedaan nilai hasil belajar kognitif yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan nilai rata-rata motivasi akhir kelas kontrol diperoleh 83,29, sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh 71,60. Hasil tersebut menunjukan bahwa nilai rata-rata akhir kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney mendapat hasil signifikansi sebesar 0,000 (sig. < 0,05), yang berarti H1 diterima atau terdapat perbedaan motivasi belajar kognitif yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Model Brain Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan motivasi belajar siswa.
74-UN57.U1-SPB-X-2023 | BIOLOGI WIJ P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain