Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN PERMAINAN KARTU BIOUNO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA MAN TEMANGGUNG
ABSTRAK
Asriyati, Siti. 2023. “Pengembangan Permainan Kartu Biouno Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Materi Sistem Reproduksi MAN Temanggung”. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd., Pembimbing II Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd.
Kata Kunci: Biologi Kartu Biouno, Media Pembelajaran, Sistem Reproduksi Manusia, Hasil Belajar Kognitif, Penelitian dan Pengembangan
Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah media pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi sehingga menyebabkan hasil belajar kognitif siswa kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa biologi kartu uno (biouno) materi sistem reproduksi dan menganalisis pengaruhnya terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPA. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi dan menggunakan kuasi eksperimen. Tahapan yang dilakukan meliputi 1) pengumpulan data (research and information collecting), 2) perancangan (planning), 3) pengembangan desain (develop preliminary of product), dan 4) uji coba produk (preliminary field testing). Populasi yang digunakan adalah kelas XI IPA MAN Temanggung dengan jumlah seluruh 216 siswa. Sampel yang digunakan ialah kelas XI IPA 2 dan kelas XI IPA 6 dengan teknik sampling purposif. Instumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: lembar validasi ahli media dan materi, dan soal pretest post-tes.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) hasil validasi dari ahli media mendapatkan rata-rata skor dalam presentase sebesar 90% dengan kriteria sangat layak. 2) hasil validasi dari ahli materi mendapatkan rata-rata skor dalam presentase sebesar 93% dengan kriteria sangat layak. 3) hasil uji N-Gain pada kelas eksperimen menunjukan peningkatan terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan nilai 0,61 berkategori sedang. Didukung dengan hasil anacova dengan nilai signifikansi sebesar 0,03 yang menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar kognitif setelah menggunakan biouno. Hal ini dikarenakan media kartu biouno mampu meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dan menjadi siswa lebih aktif dalam pembelajaran.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah biouno berisi materi sistem reproduksi sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi. Biouno juga berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI karena memiliki nilai N-Gain sebesar 0,61 yang artinya setelah siswa menggunakan biouno yang dikembangkan, hasil belajar kognitif siswa mengalami kenaikan dengan kategori sedang.
73-UN57.U1-SPB-X-2023 | BIOLOGI ASR P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain