Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEM BERBANTUAN FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
ABSTRAK
Ahza, J. H. 2023. “Pengembangan E-Modul berbasis STEM berbantuan Flipbook untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Aprilia Nurul Chasanah, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Megita Dwi Pamungkas, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: e-modul, STEM, flipbook, kemampuan berpikir kritis
Kemampuan berpikir kritis siswa di Indonesia pada jenjang SMP masih belum optimal dan tergolong rendah. OECD 2019 menyatakan bahwa Indonesia berada di peringkat ke-7 dari bawah dalam hasil PISA 2018. Temuan hasil tes kemampuan awal mendapatkan hasil kemampuan berpikir kritis yang masih rendah dengan skor 38,76. Meskipun demikian, kemampuan berpikir kritis adalah keterampilan yang sangat penting di zaman sekarang. Oleh karena itu dibutuhkan inovasi pembelajaran baru, salah satunya adalah memanfaatkan teknologi. Mengembangkan e-modul berbasis STEM berbantuan flipbook adalah upaya yang dapat dilakukan yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan. Pegembangan dilakukan dengan model ADDIE, yaitu dengan langkah-langkah Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian dilakukan di SMPN 9 Magelang. Subjek penelitian adalah kelas VIII E dan kelas VIII F. Kelas VIII E dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Hasil penelitian ini adalah produk e-modul yang sangat valid berdasarkan penilaian validator materi dengan persentase 81,33% dan validator media mendapatkan persentase 81,11%. Produk e-modul yang dikembangkan juga memenuhi kriteria sangat praktis menggunakan skor respon siswa sebesar 81,34%. Produk e-modul juga dinyatakan efektif dengan adanya perbedaan uji rata-rata pada hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dan peningkatan nilai pretest dan posttest dengan N-Gain pada kelas eksperimen mendapatkan skor 0,5007 dalam kategori sedang.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, simpulan yang dapat ditarik adalah e-modul berbasis STEM berbantuan flipbook yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penggunaan e-modul berbasis STEM berbantuan flipbook dapat memudahkan dalam menyampaikan materi.
65-UN57.U1-SPM-X-2023 | MATEMATIKA AHZ P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain