Text
SKRIPSI REGISTER JUAL BELI PADA APLIKASI TOKOPEDIA DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS IKLAN DI SMP KELAS VIII
ABSTRAK
Puji Astuti, Retno. 2021. “Register Jual Beli pada Aplikasi Tokopedia dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Teks Iklan Di SMP Kelas VIII”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Mursia Ekawati, M.Hum., Pembimbing II Winasti Rahma Diani, M.Hum.
Kata kunci: aplikasi Tokopedia, bahan ajar, register bahasa
Di era sekarang, banyak orang yang kurang paham terhadap register jual beli. Banyak pengguna online shop, seperti Tokopedia menggunakan register bahasa untuk menjual produk dan jasanya. Akan tetapi, pengguna online shop, seperti orang tua, remaja, bahkan anak-anak hanya menulis, mengamati, membaca, tanpa berupaya memahami maksud dari register online shop tersebut. Oleh karena itu, banyak orang yang gagal memahami sehingga tujuan komunikasinya tidak tercapai dengan baik. Karakteristik register tersebut berkaitan dengan kaidah kebahasaan teks iklan yakni ringkas dan mengandung istilah khusus.
Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk register jual beli pada aplikasi Tokopedia dan (2) menghasilkan bahan ajar teks iklan kelas VIII SMP mengenai register jual beli pada aplikasi Tokopedia. Penelitian ini menggunakan kajian sosiolinguistik. Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data yang digunakan adalah register bahasa jual beli pada aplikasi Tokopedia yang diperoleh sejak tahun 2019 hingga 2020. Metode dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode simak dengan teknik catat. Analisis data yang digunakan adalah metode agih dengan teknik analisis Bagi Unsur Langsung (BUL).
Hasil dari penelitian ini ditemukan register bentuk kata sebanyak 52 data, register bentuk frasa 8 data, register bentuk singkatan 5 data, register bentuk akronim 9 data, register bentuk pemenggalan kata 2 data, register bentuk proses afiksasi 4 data, register bentuk kosakata khusus 8 data, register bentuk campur kode 32 data. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif bahan ajar menulis teks iklan di kelas VIII SMP. Materi tentang teks iklan terdapat pada jenjang kelas VIII SMP dalam kurikulum 2013 tepatnya pada KD 3.4 yaitu menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar, serta KD 4.4 yaitu menyajikan gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan dan tulis. Handout yang disusun memuat (1) kompetensi inti, (2) kompetensi dasar, (3) indikator pencapaian kompetensi, (4) tujuan pembelajaran, (5) materi pembelajaran, (6) evaluasi, dan (7) penilaian.
90-UN57.U1-SIN-X-2023 | INDONESIA AST R 2023 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain