Text
SKRIPSI STUDI EKSPERIMENTAL DENGAN VARIASI BERAT ROLLER DAN PEGAS TERHADAP KINERJA MOTOR BAKAR MATIC INJEKSI 155 CC
ABSTRAK
Transmisi otomatis atau yang dikenal dengan sebutan Continous Variable Transmision (CVT) adalah transmisi yang dapat merasakan kenyamanan karena hanya perlu menarik gas tanpa memindahkan transmisi karena transmisi akan berpindah secara otomatis. Penyempurnaan dengan modifikasi beberapa bagian atau sistemnya, peningkatan kinerja sepeda motor sudah dapat dirasakan hasilnya. Misalnya pada sepeda motor matic dengan penggunaan roller yang tepat atau menaikan kompresi mesin. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode eksperimen sehingga termasuk penelitian kuantitatif. Pada metode ini pengaruh dari variabel akan diamati kemudian diuji terhadap variabel-variabel lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh perubahan berat roller dengan roller standar 13 gram, roller racing 11 gram, dan 12 gram terhadap unjuk kerja berupa daya dan torsi, emisi gas buang serta mengetahui kebutuhan konsumsi bahan bakar dari motor bakar 155 cc dengan variasi berat roller 11, 12 dan 13 gram serta variasi pegas. Objek penelitian ini adalah sepeda motor sepeda motor matic injeksi 155 cc dengan menggunakan putaran mesin 5500-6500 rpm dengan range 500 rpm. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, roller 11 gram dan pegas racing memperoleh hasil yang terbaik pada seluruh pengujian. Nilai daya terbesar diperoleh pada kecepatan putaran mesin 6500 rpm sebesar 11,3 hp, sedangkan nilai torsi terbesar yang diperoleh sebesar 12,5 N.m pada kecepatan putaran mesin 6500 rpm. Nilai kadar emisi gas buang memperoleh angka 178 ppm untuk HC dan 190% untuk CO, sedangkan konsumsi bahan bakar minimal yang dihasilkan sebesar 0,443 kg/jam pada putaran mesin 5500 rpm. Kata kunci: daya, torsi, emisi gas buang, konsumsi bahan bakar
85-UN57.U1-STM-X-2023 | MESIN ANA S 2023 | Ruang Skripsi (TEKNIK MESIN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain