PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI STUDI EKSPERIMENTAL DENGAN VARIASI BERAT ROLLER DAN PEGAS TERHADAP KINERJA MOTOR BAKAR MATIC INJEKSI 155 CC

NOUVAL ENO FIGO ANANTA - Nama Orang;

ABSTRAK
Transmisi otomatis atau yang dikenal dengan sebutan Continous Variable Transmision (CVT) adalah transmisi yang dapat merasakan kenyamanan karena hanya perlu menarik gas tanpa memindahkan transmisi karena transmisi akan berpindah secara otomatis. Penyempurnaan dengan modifikasi beberapa bagian atau sistemnya, peningkatan kinerja sepeda motor sudah dapat dirasakan hasilnya. Misalnya pada sepeda motor matic dengan penggunaan roller yang tepat atau menaikan kompresi mesin. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode eksperimen sehingga termasuk penelitian kuantitatif. Pada metode ini pengaruh dari variabel akan diamati kemudian diuji terhadap variabel-variabel lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh perubahan berat roller dengan roller standar 13 gram, roller racing 11 gram, dan 12 gram terhadap unjuk kerja berupa daya dan torsi, emisi gas buang serta mengetahui kebutuhan konsumsi bahan bakar dari motor bakar 155 cc dengan variasi berat roller 11, 12 dan 13 gram serta variasi pegas. Objek penelitian ini adalah sepeda motor sepeda motor matic injeksi 155 cc dengan menggunakan putaran mesin 5500-6500 rpm dengan range 500 rpm. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, roller 11 gram dan pegas racing memperoleh hasil yang terbaik pada seluruh pengujian. Nilai daya terbesar diperoleh pada kecepatan putaran mesin 6500 rpm sebesar 11,3 hp, sedangkan nilai torsi terbesar yang diperoleh sebesar 12,5 N.m pada kecepatan putaran mesin 6500 rpm. Nilai kadar emisi gas buang memperoleh angka 178 ppm untuk HC dan 190% untuk CO, sedangkan konsumsi bahan bakar minimal yang dihasilkan sebesar 0,443 kg/jam pada putaran mesin 5500 rpm. Kata kunci: daya, torsi, emisi gas buang, konsumsi bahan bakar


Ketersediaan
85-UN57.U1-STM-X-2023MESIN ANA S 2023Ruang Skripsi (TEKNIK MESIN)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MESIN ANA S 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XIV;60HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
621.8
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_TEKNIK_MESIN
FAKULTAS_FT
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik