Text
SKRIPSI PENGAPLIKASIAN COOLANT INJECTION PADA KENDARAAN RODA DUA DENGAN PERINTAH ECU
ABSTRAK Beberapa orang menyiasati dengan berbagai macam piranti pendukung agar mesin kendaraan bermotor tersebut dapat menggunakan bensin ber oktan rendah tanpa gejala detonasi. Coolant injection merupakan sebuah cara yang dapat menghilangkan detonasi pada sebuah mesin kompresi tinggi walau menggunakan bensin beroktan 92. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen, metode ini dilakukan dengan cara menguji secara langsung pengaruh suatu variabel terhadap variabel lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengaplikasian water coolant injection kedalam ruang bakar terhadap daya, torsi, konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang dihasilkan sepeda motor berkode mesin K18 dengan variasi debit injeksi 15 cc, 20 cc, 25 cc. Objek penelitian ini adalah sepeda motor Honda Verza 150 cc dengan menggunakan putaran mesin 4000 rpm, 6000 rpm dan 8500 rpm.Dari hasil penelitian yang telah dilakukan pengaplikasian water coolant injection variasi 20 cc memperoleh hasil yang terbaik pada seluruh pengujian. Nilai torsi terbesar diperoleh pada kecepatan putaran mesin 6000 rpm sebesar 12,61 N.m, sedangkan nilai daya terbesar yang diperoleh sebesar 11 hp pada kecepatan putaran mesin 8500 rpm. Konsumsi bahan bakar tidak terjadi perubahan yang begitu signifikan tetapi paling baik berada pada variasi water coolant injection 20 cc dengan angka 12 ml per 8 detik, nilai emisi gas buang dengan persentase kandungan karbon monoksida terendah berada di nilai 2,75 % CO dan 253 ppm HC. Kata Kunci : daya,torsi,konsumsi bahan bakar, emisi gas buang
83-UN57.U1-STM-X-2023 | MESIN WIJ P 2023 | Ruang Skripsi (TEKNIK MESIN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain