Text
SKRIPSI PERILAKU GENERASI Z DALAM MENGONSUMSI KONTEN DI AKUN INSTAGRAM @WHATISUPINDONESIA (WIUI)
ABSTRAK
Dalam era teknologi yang telah berkembang pesat pastinya membawa perubahan bagi kehidupan manusia. Dengan perkembangan teknologi dan percepatan internet yang ada, Gen Z justru paling rentan tertipu berita palsu di media sosial. Homeless media muncul sebagai preferensi Gen Z untuk memenuhi kebutuhan infromasinya. Salah satu homeless media yang memanfaatkan media sosial sebagai platform media sebagai penyaji informasi adalah What Is Up Indonesia (WIUI). Dengan karakteristik dan keunikan yang ada pada What Is Up Indonesia membuat penulis merasa bahwa karakteristik tersebut mampu mempengaruhi dan menentukan khalayak pengguna yang mengakses What Is Up Indonesia. Melihat hal itu, penulis tertarik untuk meneliti dan menganalisis perilaku generasi Z yang mengonsumsi What Is Up Indonesia di Instagram pada Generasi Z di Jakarta. Maka dari itu penelitian ini akan meneliti mengapa generasi Z di Jakarta memilih What Is Up Indonesia sebagai media yang mereka konsumsi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan perilaku Generasi Z dalam Mengonsumsi konten informasi pada akun @WhatIsUpIndonesia di Instagram. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratification dan metode penelitian kualitatif desktiptif dengan teknik wawancara. Hasil menunjukan bahwa attention span Gen Z sangat pendek sehingga mereka lebih menyukai informasi yang bersifat singkat dan menarik. Penggunaan meme pada konten berita di What Is Up Indonesia juga menjadikan pembaca lebih memahami informasi yang disampaikan. Mereka juga lebih memilih media sosial dibanding media konvensional untuk memenuhi kebutuhannya.
Keywords: Teori Uses and Gratifications, Perilaku Gen Z, Attention Span
80-UN57.U1-SIK-X-2023 | KOMUNIKASI SUJ P 2023 | Ruang Skripsi (ILMU KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain