Text
SKRIPSI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN NAMIE BUKET DALAM MENARIK MINAT BELI KONSUMEN
ABSTRAK
Kewirausahaan merupakan kemampuan seseorang dalam mengorganisir usaha dengan memanfaatkan teknologi yang ada sehingga memeroleh keuntungan yang lebih besar. Sedangkan wirausaha adalah orang yang mengelola dan berani menanggung risiko yang akan dihadapi untuk menciptakan usaha baru dan peluang berusaha. Tujuan seseorang berwirausaha adalah untuk meningkatkan pendapatan. Salah satu contohnya yaitu Namie Buket. Namie buket adalah usaha yang bergerak dalam bidang pembuatan buket. Buket merupakan sekumpulan bunga yang dirangkai menjadi satu. Seiring berjalannya waktu, buket mulai beragam menjadi buket snack, buket bunga flannel, buket hijab, buket uang dan lain-lain. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Namie Buket, pemilik menggunakan analisi SWOT agar pemilik dapat terus memperbaiki produknya. Analisis SWOT merupakan metode untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman. Dengan analisis SWOT tersebut dapat diketahui kekuatan (strengths) adalah kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan, kekuatan yang dimiliki Namie Buket adalah pengemasan menggunakan plastik transparan sehingga memberikan kesan estetik. Kelemahan (weaknesses) adalah kelemahan yang dapat menjadi peluang bagi pesaing lain, kelemahan pada Namie Buket yaitu SDM yang terlibat hanya satu orang. Peluang (opportunities) berasal dari internal maupun eksternal, peluang Namie Buket yaitu dapat mendirikan toko di area kampus Universitas Tidar karena belum terdapat toko buket di area tersebut. Ancaman (thread) ancaman dari luar yang menimbulkan risiko, ancaman Namie Buket yaitu pesaing lain yang telah memiliki merek yang dikenal. Sedangkan dalam memasarkan produknya, pemilik menggunakan strategi komunikasi pemasaran agar produk dapat semakin berkembang dan dapat bersaing dengan pesaing lain. Strategi komunikasi pemasaran adalah sebuah perencanaan yang dirancang khusus untuk mencapai tujuan agar tujuan tersebut dapat tercapai.
Kata kunci : Kewirausahaan, Namie Buket, Analisis SWOT, Strategi Komunikasi Pemasaran
72-UN57.U1-SIK-X-2023 | KOMUNIKASI ARY S 2023 | Ruang Skripsi (ILMU KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain