Text
SKRIPSI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DINAS PARIWISATA KABUPATEN MAGELANG DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI KECAMATAN BOROBUDUR PADA ERA NEW NORMAL
ABSTRAK
Dalam meningkatkan kunjungan pariwisata penerapan strategi komunikasi pemasaran sangat penting dilakukan guna dapat memudahkan dalam proses pengiriman pesan dengan tepat dan efektif. Terlebih dalam kehidupan normal baru sektor pariwisata sangat bergantung dengan strategi komunikasi dalam meningkatkan kembali kunjungan wisata. Dinas Pariwisata Kabupaten Magelang merupakan lembaga pemerintah yang salah satu fungsinya membantu mempromosikan daya tarik wisata daerah. Penelitian ini bertujuan unutk menjelaskan atau mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Magelang dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Kecamatan Borobudur pada era New Normal. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif dan paradigma constructivism. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dimana informan memiliki kapasitas mengenai subyek yang diteliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dinas Pariwisata Kabupaten Magelang menerapkan lima strategi komunikasi pemasaran diantaranya, 3A (Atraksi, Amenitas, Aksesibilitas) dan 2P (Periklanan dan Pelaku Wisata). Diantara lima strategi tersebut Dinas Pariwisata Kabupaten Magelang membaginya menjadi beberapa proses. Setiap prosesnya memiliki unsur kesinabungan satu sama lain guna mendukung peningkatan kunjuangan wisata ke obyek wisata di Kecamatan Borobudur setelah kehidupan normal baru . Penelitian ini menemukan faktor yang menghambat terjadinya proses komunikasi pemasaran obyek wisata di Kecamatan Borobudur yaitu kurangnya kesadaran pelaku dan masyarakat terhadap obyek wisata, biaya dan Covid-19.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Pariwisata, Promosi, Era New Normal, Kecamatan Borobudur.
71-UN57.U1-SIK-X-2023 | KOMUNIKASI RIV S 2023 | Ruang Skripsi (ILMU KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain