Text
SKRIPSI TRASH TALKING PADA REMAJA DALAM GAME ONLINE MOBILE LEGENDS BANG BANG
ABSTRAK
Game online merupakan wujud dari perkembangan teknologi pada saat ini. Di dalam game online Mobile Legends membentuk sebuah komunitas yang begitu luas. Di dalam derasnya arus permainan game online, terdapat fenomena Trash Talking yang hanya dianggap sebagai dinamika keasyikan dalam bermain game, meskipun Trash Talking masuk kedalam kejahatan dalam internet yaitu cyberbullying. Fenomena tersebut terjadi di dalam jaringan internet dimana game online menjadi wadah bertumbuhnya kebiasaan buruk tersebut. Trash Talking yang berawal dari bermain game online dapat menjadi kejahatan fisik pada beberapa kasus hingga menimbulkan korban. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motif, pengalaman dan makna fenomena Trash Talking. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan IPA (Interpretative Phenomenologycal Analysis). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan dokumentasi. Pada penelitian ini ditemukan tema-tema yang berpola yang membangun sebuah makna yaitu game online menjadi dunia baru bagi para gamer, dimana para gamer dapat hidup dengan bebas di dalam game tanpa adanya aturan, norma dan sanksi sosial. Selain itu, lahirnya banalitas kekerasan yang terjadi karena Trash Talking dianggap menjadi hal yang wajar dan sudah menjadi budaya buruk yang lahir di dalam game online. Pertemuan antara dunia baru yang bebas dengan motif-motif yang dibawa setiap individu membuat banalitas kekerasan pada game online dapat terus ada dan tumbuh subur.
Kata kunci : game online , trash Talking, interpretative phenomenologycal analysis, mobile Legends, cyberbullying
65-UN57.U1-SIK-X-2023 | KOMUNIKASI IRA T 2023 | Ruang Skripsi (ILMU KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain