Text
SKRIPSI REPRESENTASI WANITA SEBAGAI OBJEKTIFIKASI DALAM VIDEO KLIP ROY RICARDO ASLI SUSU INDONESIA “ASI”
Abstrak
Penggambaran wanita dalam media massa sebagai sekedar tontonan atau objek hiburan adalah salah satu contoh objektifikasi wanita yang tidak menghargai potensi, kecerdasan, atau kontribusi mereka yang lebih luas dalam masyarakat. Ingin mengetahui representasi wanita sebagai objektifikasi dalam video klip roy ricardo “Asli Susu Indonesia” menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naratif teks, sehingga analisis data yang digunakan Analisis Konten (Analisis Isi). Penelitian menurut Strauss dan Corbin (2007:1), penelitian kualitatif ini merupakan penelitian yang dapat digunakan untuk meneliti kehidupan masyarakat, sejarah, tingkah laku, fungsionalisasi organisasi, gerakan sosial atau hubungan kekerabatan. Melihat dari kacamata Male Gaze Laura Mulvey berkata menyatakan bahwa kenikmatan visual dalam sinema Hollywood merupakan tiruan budaya yang kemudian selalu menghasilkan tatanan pandangan laki-laki dan dilihat oleh laki-laki lainnya serta jarang terlihat wanita berperan sebagai subjek melainkan selalu menjadi objek tontonan. tubuh wanita sering kali dijadikan sebagai objek seksual sajacara wanita digambarkan dalam media dan budaya memiliki dampak yang signifikan pada persepsi mereka dalam masyarakat. objektifikasi wanita, yang sering mengurangi wanita menjadi objek seksual atau hanya menilai mereka berdasarkan penampilan fisik, dapat berdampak negatif pada kepercayaan diri, kesehatan mental, dan persepsi terhadap peran mereka dalam masyarakat.
Kata kunci: Objektifikasi, Representasi, Male Gaze, Wanita dalam media
64-UN57.U1-SIK-X-2023 | KOMUNIKASI TER R 2023 | Ruang Skripsi (ILMU KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain