Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE DENGAN METODE KUMON YANG BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI PROGRAM LINIER
ABSTRAK
Khasna, I. N. K. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Website dengan Metode Kumon yang Berorientas pada Pemahaman Konsep Materi Program Linier”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Syita Fatih „Adna, S.Pd,, M.Sc., Pembimbing II Zuida Ratih Hendrastruti, M.Pd.
Kata Kunci: Website, Metode Kumon, Kemampuan pemahaman konsep, Program Linier
Zaman berkembang semakin pesat, tuntutan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi semakin tinggi. Penggunaan perpaduan media dan metode pembelajaran berbasis teknologi penting digunakan agar siswa belajar lebih fleksibel dan mandiri. Salah satu kemampuan matematika yang penting adalah kemampuan pemahaman konsep. Akan tetapi berdasarkan tes kemampuan pemahaman konsep, kemampuan siswa masih tergolong rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari pengembangan media pembelajaran berbasis website dengan metode kumon yang berorientasi pada kemampuan pemahaman konsep materi program linier. Pengembangan media ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi siswa untuk memahami mater program linier dengan lebih mudah melalui penerapan media pembelajaran berbasis website dengan metode kumon dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMAN 2 Grabag. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan skala penilaian (rating scale) untuk analisis kevalidan,untuk analisis kepraktisan menggunakan persentase kepraktisan, sedangkan untuk analisis keefektifan menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan independent simple t-test.
Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid, 90% validitas materi dan 82% validitas media. Dengan persentase keseluruhan 87%, media pembelajaran termasuk dalam kategori sangat praktis. Kemudian, media pembelajaran memenuhi aspek efektif dengan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui uji independent sample t-test yang menunjukkan nilai (5,5146) lebih tinggi daripada (2,352).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis website dengan metode kumon yang berorientasi pada kemampuan pemahaman konsep materi program linier valid , praktis, dan efektif. Media pembelajaran dapat digunakan untuk belajar.
75-UN57.U1-SPM-X-2023 | MATEMATIKA KHA P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain