Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA
ABSTRAK
Tamara, Novia Mariana. 2023.“Keefektifan Model Pembelajaran picture and picture Dalam Meningkatkan Efikasi Diri Dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Sistem Eksresi Pada Manusia.” Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Eko Juliyanto, S.Pd.,M.Pd., Pembimbing II Dr. Siswanto , M.Pd.
Metode pembelajaran PnP (Picture and Picture) yakni suatu pendekatan pengajaran yang mengandalkan penggunaan gambar-gambar yang disusun secara berurutan untuk memberikan pemahaman yang logis. Efikasi diri merujuk pada keyakinan seseorang dalam menyelesaikan tugas sehingga dinyatakan mampu untuk tujuan tertentu. Penelitian ini memiliki untuk mengukur keefektifan penggunaan model pembelajaran PnP dalam peningkatan efikasi diri dan hasil belajar kognitif peserta didik. Karakteristik penelitian ini yakni kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperiment dengan jenis Nonquivalent Control Grou Design. Keterlibatan sampel dalam penelitian ini terdiri siswa kelas VIII di SMPN 6 Kota Magelang, dengan diterapkannya model pembelajaran Picture and Picture pada kelas VIII F dan diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning pada kelas VIII E. Pengumpulan data dilakukan melalui pelaksanaan tes pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan adanya keefektifan model pembelajaran PnP dalam meningkatkan efikasi diri peserta didik. Pada hasil belajar kognitif mempunyai enam indikator, yang mana indikator yang paling tinggi yaitu C1 dan C2. Adapun Indikator PnP terdiri dari 3 dimensi yaitu generality, strength, serta level. Indikator tertinggi terletak pada level .Dengan demikian, berdasarkan temuan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PnP sangat efektif dalam meningkatkan efikasi diri dan hasil belajar kognitif peserta didik. dilihat dari N-gain yang menunjukkan tingkat signifikansinya < 0,05, uji T yang menunjukkan terdapat perbedaan karena hasilnya < 0,05, serta uji effect size menunjukkan kategori tinggi.
Kata kunci : Model Pembelajaran, Pnp (Picture And Picture), Efikasi Diri, Hasil Belajar Kognitif
107-UN57.U1-SI-X-2023 | IPA TAM K 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain