Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY) PADA MATERI TANAH DAN KEBERLANGSUNGAN KEHIDUPAN DALAM MENINGKATKAN LITERASI SAINS
ABSTRAK
Istichomah, Di Ajeng. 2023. “Keefektifan Model Pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology and Society) Pada Materi Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan Dalam Meningkatkan Literasi Sains”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Nuryunita Dewantari, M.Pd., Pembimbing II Suwito Singgih, M.Pd.
Literasi sains adalah kemampuan dengan suatu pengetahuan sains dalam pengidentifikasian pertanyaan & menyimpulkan dengan berdasar bukti-bukti ilmiah. Literasi sains sendiri memang sangat penting bagi siswa dalam berkembangnya suatu ilmu pengetahuan. Beberapa penelitian dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology and Society). Pada suatu model pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology and Society) adalah salah satu model pembelajaran dengan pusat permasalahannya kehidupan nyata yang mempunyai komponen sains serta suatu teknologi dari perspektif siswa, terkandung konsep & kemudian mengajak siswa untuk melakukan investigasi, analisis, penerapan konsepnya dari kehidupan nyata. Penelitian ini dengan tujuan untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology and Society) dalam peningkatan literasi sains. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif jenis quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IX di SMP Negeri 8 Magelang. Sampel penelitian meliputi kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan kelas IX B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 9 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data diperoleh uji t < 0,05, artinya ada perbedaan dari nilai kedua kelas. Hasil uji N-Gain pada kelas eksperimen yaitu 0,338 dengan kategori sedang, sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai 0,202 dengan kategori rendah. Hasil uji effect size pada kelas eksperimen terhadap kelas kontrol pengaruh tinggi yaitu sebesar 0,949. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran SETS efektif dalam peningkatan literasi sains.
Kata Kunci: SETS, literasi sains, keefektifan
106-UN57.U1-SI-X-2023 | IPA IST K 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain