PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI KORELASI KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA DENGAN PENGUASAAN KONSEP IPA

MILA AFI YUNANI - Nama Orang;

ABSTRAK
Yunani, Mila Afi. 2023. “Korelasi Keterampilan Kolaborasi Siswa dengan Penguasaan Konsep IPA”. Skripsi Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Rina Rahayu, M.Pd., Pembimbing II Nuryunita Dewantari.
Kata Kunci : Keterampilan Kolaborasi, Penguasaan Konsep
Permasalahan yang ada saat ini yaitu penguasaan konsep siswa yang masih rendah ditunjukkannya dengan hasil belajar yang rendah. Berdasarkan hasil studi PISA tahun 2018 dan survei TIMSS tahun 2015 menunjukkan bahwa Indonesia menempati peringkat bawah dari beberapa negara pada bidang sains. Selain rendahnya penguasaan konsep permasalahan yang ditemukan pada SMPN 13 Magelang yaitu pembelajaran yang dilakukan masih berspusat pada guru, sehingga siswa kurang aktif.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh keterampilan kolaborasi siswa terhadap penguasaan konsep. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model penelitian Pre Eksperimental desain One Shot Case Study. Subjek penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling yaitu siswa kelas VIII C SMPN 13 Magelang. Teknik pengumpulan data yaitu dengan angket keterampilan kolaborasi, lembar observasi dan tes penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan kolaborasi berpengaruh terhadap penguasaan konsep secara signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, nilai tersebut kurang dari 0,05, dan berdasarkan uji T diperoleh thitung > ttabel yaitu 12,213 > 2,048.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu keterampilan kolaborasi siswa berpengaruh terhadap penguasaan konsep IPA. Siswa yang memiliki keterampilan kolaborasi tinggi juga memiliki penguasaan konsep tinggi, begitu juga sebaliknya. Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian ini yaitu agar lebih membiasakan siswa untuk berkolaborasi dalam kelompok karena dapat meningkatkan penguasaan konsep, kemudian peneliti memberikan saran agar pendidik lebih membiasakan dan melatih siswa dalam menganalisis suatu permasalahan.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) IPA YUN K 2023
105-UN57.U1-SI-X-2023
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA YUN K 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XIII;127HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?