Text
SKRIPSI KORELASI KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA DENGAN PENGUASAAN KONSEP IPA
ABSTRAK
Yunani, Mila Afi. 2023. “Korelasi Keterampilan Kolaborasi Siswa dengan Penguasaan Konsep IPA”. Skripsi Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Rina Rahayu, M.Pd., Pembimbing II Nuryunita Dewantari.
Kata Kunci : Keterampilan Kolaborasi, Penguasaan Konsep
Permasalahan yang ada saat ini yaitu penguasaan konsep siswa yang masih rendah ditunjukkannya dengan hasil belajar yang rendah. Berdasarkan hasil studi PISA tahun 2018 dan survei TIMSS tahun 2015 menunjukkan bahwa Indonesia menempati peringkat bawah dari beberapa negara pada bidang sains. Selain rendahnya penguasaan konsep permasalahan yang ditemukan pada SMPN 13 Magelang yaitu pembelajaran yang dilakukan masih berspusat pada guru, sehingga siswa kurang aktif.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh keterampilan kolaborasi siswa terhadap penguasaan konsep. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model penelitian Pre Eksperimental desain One Shot Case Study. Subjek penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling yaitu siswa kelas VIII C SMPN 13 Magelang. Teknik pengumpulan data yaitu dengan angket keterampilan kolaborasi, lembar observasi dan tes penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan kolaborasi berpengaruh terhadap penguasaan konsep secara signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, nilai tersebut kurang dari 0,05, dan berdasarkan uji T diperoleh thitung > ttabel yaitu 12,213 > 2,048.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu keterampilan kolaborasi siswa berpengaruh terhadap penguasaan konsep IPA. Siswa yang memiliki keterampilan kolaborasi tinggi juga memiliki penguasaan konsep tinggi, begitu juga sebaliknya. Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian ini yaitu agar lebih membiasakan siswa untuk berkolaborasi dalam kelompok karena dapat meningkatkan penguasaan konsep, kemudian peneliti memberikan saran agar pendidik lebih membiasakan dan melatih siswa dalam menganalisis suatu permasalahan.
105-UN57.U1-SI-X-2023 | IPA YUN K 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain