Text
SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DENGAN PENDEKATAN SETS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK
ABSTRAK
Pratiwi, Risnanda Cahyani. 2023. “Penerapan Model Learning Cycle 7E Dengan Pendekatan SETS untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik”. Skripsi. Program Studi Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Riva Ismawati, S. Pd., M. Sc., Pembimbing II Rina Rahayu, S. Pd., M. Pd.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Berpikir Kritis, Hasil Belajar
Belajar ialah proses yang membimbing siswa guna meraih keterampilan yang diinginkan. Guru memainkan peran penting dalam memastikan pembelajaran yang efektif terus berlanjut. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan yang terjadi pada hasil belajar dan berpikir kritis serta hubungan antara keduanya. Penelitian ini menggunakan desain nonequivalent control group design yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Peneliti melakukan penelitian pada siswa kelas VIII SMP N 3 Secang dengan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui nilai pretest dan posttest dengan teknik analisis data berupa pengujian N-Gain, Independent sampel T-test, uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar meningkat sebesar 0,65 atau 64,78% dan keterampilan berpikir kritis meningkat sebesar 0,68 atau 67,97% setelah diterapkannya model learning cycle 7E pendekatan SETS. Dan terdapat hubungan positif signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar dengan nilai korelasi sebesar 0,582. Berdasarkan hasil penelitian dan uji hipotesis dapat disimpulkan model learning cycle 7E dengan pendekatan SETS mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa
103-UN57.U1-SI-X-2023 | IPA PRA P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain