PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DENGAN PENDEKATAN SETS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK

RISNANDA CAHYANI PRATIWI - Nama Orang;

ABSTRAK
Pratiwi, Risnanda Cahyani. 2023. “Penerapan Model Learning Cycle 7E Dengan Pendekatan SETS untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik”. Skripsi. Program Studi Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Riva Ismawati, S. Pd., M. Sc., Pembimbing II Rina Rahayu, S. Pd., M. Pd.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Berpikir Kritis, Hasil Belajar
Belajar ialah proses yang membimbing siswa guna meraih keterampilan yang diinginkan. Guru memainkan peran penting dalam memastikan pembelajaran yang efektif terus berlanjut. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan yang terjadi pada hasil belajar dan berpikir kritis serta hubungan antara keduanya. Penelitian ini menggunakan desain nonequivalent control group design yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Peneliti melakukan penelitian pada siswa kelas VIII SMP N 3 Secang dengan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui nilai pretest dan posttest dengan teknik analisis data berupa pengujian N-Gain, Independent sampel T-test, uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar meningkat sebesar 0,65 atau 64,78% dan keterampilan berpikir kritis meningkat sebesar 0,68 atau 67,97% setelah diterapkannya model learning cycle 7E pendekatan SETS. Dan terdapat hubungan positif signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar dengan nilai korelasi sebesar 0,582. Berdasarkan hasil penelitian dan uji hipotesis dapat disimpulkan model learning cycle 7E dengan pendekatan SETS mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa


Ketersediaan
103-UN57.U1-SI-X-2023IPA PRA P 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA PRA P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XIV;156HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik