Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN BOOKLET SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATERI PESAWAT SEDERHANA
ABSTRAK
Harumi. 2023. “Keefektifan Penggunaan Booklet Sebagai Suplemen Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Pesawat Sederhana”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Eli Trisnowati, M. Pd., Pembimbing II Nuryunita Dewantari, M. Pd.
Pada hakikatnya kegiatan pembelajaran memiliki tujuan yaitu guna mendapatkan hasil belajar yang diinginkan. Sulitnya siswa untuk paham terkait materi pesawat sederhana yang dipelajari ternyata mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Lebih dari 50% dari jumlah seluruh peserta didik kelas VIII mendapat nilai di bawah KKM, dengan standar ketuntasan belajar 65. Pada hasil observasi serta wawancara dengan guru IPA di SMP Negeri 11 Magelang diketahui bahwa bahan ajar utama yang dipakai selama ini yaitu buku paket IPA kurikulum 2013 edisi revisi 2017 dan LKPD. Adanya keterbatasan pada buku paket tersebut khususnya pada materi pesawat sederhana, menjadi alasan perlu ditambahkannya booklet sebagai suplemen bahan ajar yang bisa melengkapi pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan guna melihat perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif siswa antara kelas yang memakai booklet sebagai suplemen bahan ajar dengan kelas yang tidak memakai booklet sebagai suplemen bahan ajar dan menganalisis seberapa besar peningkatan hasil belajar kognitif siswa sesudah memakai booklet sebagai suplemen bahan ajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain quasi experimental berbentuk nonequivalent control group design. Semua siswa kelas 8 di SMP Negeri 11 Magelang tahun pelajaran 2022/2023 merupakan populasi pada penelitian ini. Metode dalam mengambil sampel memakai purposive sampling. Pada penelitian ini, teknik dalam mengumpulkan data memakai tes tertulis. Uji prasyarat, uji hipotesis, dan uji N-Gain merupakan teknik analisis data yang dipakai pada penelitian ini. Dari uji Mann Whitney diperoleh hasil ada perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif antara kelas yang menggunakan booklet sebagai suplemen bahan ajar dengan kelas yang tanpa memakai booklet sebagai suplemen bahan ajar. Besar kenaikan hasil belajar kognitif siswa di kelas eksperimen jauh lebih besar daripada di kelas kontrol setelah menggunakan booklet sebagai suplemen bahan ajar. Dengan demikian penerapan booklet sebagai suplemen bahan ajar bisa meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi pesawat sederhana.
Kata Kunci: booklet, suplemen bahan ajar, hasil belajar kognitif, materi pesawat sederhana
102-UN57.U1-SI-X-2023 | IPA HAR K 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain