Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MASALAH PADA MATERI ZAT DAN PERUBAHANNYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP
ABSTRAK
Ula, Maulida Rizqiyatul 2023. “Pengembangan LKPD Berbasis Masalah pada Materi Zat dan Perubahannya untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd., Pembimbing II Suwito Singgih, M.Pd.
Kata Kunci: LKPD, Problem Based Learning (PBL), Keterampilan Berpikir Kritis, Zat dan Perubahannya.
Pendidikan Indonesia memiliki asas berlandaskan pendidikan abad-21, salah satu keterampilan penting dan wajib dimiliki oleh setiap siswa untuk membangun keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis dipersiapkan untuk siswa mampu menghadapi tantangan hidup dimasa mendatang. Proses pembelajaran dilakukan dengan bahan ajar berupa buku paket, sehingga pada proses pembelajaran siswa kurang dilibatkan dalam aktivitas yang mampu merangsang keterampilan berpikir kritis siswa. Hal serupa ditemukan di SMP Negeri 2 Secang yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah karena bahan ajar yang ada belum bisa melatih keterampilan berpikir kritis siswa. Penggunaan bahan ajar yang belum melibatkan siswa membuat siswa kurang terlatih dalam keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan LKPD berbasis masalah pada materi zat dan perubahannya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP, mendeskripsikan keefektifan LKPD berbasis masalah pada materi zat dan perubahannya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP, dan mendeskripsikan kepraktisan LKPD berbasis masalah pada materi zat dan perubahannya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP yang diimplementasikan di SMP Negeri 2 Secang. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian dan pengembangan. Penelitian dan pengembangan dikembangkan dengan menerapkan model pengembangan ADDIE. Validasi LKPD berbasis masalah dilakukan oleh lima validator ahli. LKPD berbasis masalah diimplementasikan dengan desain non equivalent control group dengan pemberian pretest-posttest terdiri dari kelas eksperimen sebanyak 30 siswa kelas VII dan kelas kontrol sebanyak 29 siswa kelas VII. Uji kepraktisan LKPD berbasis masalah diperoleh dari perhitungan angket respon dari guru sebanyak 3 guru IPA dan 30 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Secang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis masalah, dinyatakan sangat valid untuk digunakan dengan nilai V Aiken dari semua aspek sebesar 0,84. Uji keefektifan LKPD berbasis masalah, dinyatakan efektif ditunjukkan dengan nilai n-gain sebesar 0,54. Uji kepraktisan LKPD berbasis masalah, dinyatakan sangat praktis untuk digunakan dengan persentase hasil angket respon sebesar 83,9. Kesimpulan dari penelitian ini adalah LKPD berbasis masalah layak digunakan dalam pembelajaran untuk melatih keterampilan berpikir kritis. Peneliti menyarankan kepada peneliti lain untuk menginovasikan LKPD berbasis masalah yang lebih baik dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis khususnya pada indikator evaluasi.
101-UN57.U1-SI-X-2023 | IPA ULA P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain