PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MASALAH PADA MATERI ZAT DAN PERUBAHANNYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

MAULIDA RIZQIYATUL ULA - Nama Orang;

ABSTRAK
Ula, Maulida Rizqiyatul 2023. “Pengembangan LKPD Berbasis Masalah pada Materi Zat dan Perubahannya untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd., Pembimbing II Suwito Singgih, M.Pd.
Kata Kunci: LKPD, Problem Based Learning (PBL), Keterampilan Berpikir Kritis, Zat dan Perubahannya.
Pendidikan Indonesia memiliki asas berlandaskan pendidikan abad-21, salah satu keterampilan penting dan wajib dimiliki oleh setiap siswa untuk membangun keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis dipersiapkan untuk siswa mampu menghadapi tantangan hidup dimasa mendatang. Proses pembelajaran dilakukan dengan bahan ajar berupa buku paket, sehingga pada proses pembelajaran siswa kurang dilibatkan dalam aktivitas yang mampu merangsang keterampilan berpikir kritis siswa. Hal serupa ditemukan di SMP Negeri 2 Secang yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah karena bahan ajar yang ada belum bisa melatih keterampilan berpikir kritis siswa. Penggunaan bahan ajar yang belum melibatkan siswa membuat siswa kurang terlatih dalam keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan LKPD berbasis masalah pada materi zat dan perubahannya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP, mendeskripsikan keefektifan LKPD berbasis masalah pada materi zat dan perubahannya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP, dan mendeskripsikan kepraktisan LKPD berbasis masalah pada materi zat dan perubahannya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP yang diimplementasikan di SMP Negeri 2 Secang. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian dan pengembangan. Penelitian dan pengembangan dikembangkan dengan menerapkan model pengembangan ADDIE. Validasi LKPD berbasis masalah dilakukan oleh lima validator ahli. LKPD berbasis masalah diimplementasikan dengan desain non equivalent control group dengan pemberian pretest-posttest terdiri dari kelas eksperimen sebanyak 30 siswa kelas VII dan kelas kontrol sebanyak 29 siswa kelas VII. Uji kepraktisan LKPD berbasis masalah diperoleh dari perhitungan angket respon dari guru sebanyak 3 guru IPA dan 30 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Secang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis masalah, dinyatakan sangat valid untuk digunakan dengan nilai V Aiken dari semua aspek sebesar 0,84. Uji keefektifan LKPD berbasis masalah, dinyatakan efektif ditunjukkan dengan nilai n-gain sebesar 0,54. Uji kepraktisan LKPD berbasis masalah, dinyatakan sangat praktis untuk digunakan dengan persentase hasil angket respon sebesar 83,9. Kesimpulan dari penelitian ini adalah LKPD berbasis masalah layak digunakan dalam pembelajaran untuk melatih keterampilan berpikir kritis. Peneliti menyarankan kepada peneliti lain untuk menginovasikan LKPD berbasis masalah yang lebih baik dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis khususnya pada indikator evaluasi.


Ketersediaan
101-UN57.U1-SI-X-2023IPA ULA P 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA ULA P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XIII;182HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik