PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE CREATIVITY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA

TANTI MEILINDA SABRINA - Nama Orang;

ABSTRAK
Sabrina, Tanti Meilinda. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Collaborative Creativity untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: collaborative creativity, keterampilan kolaborasi, kemampuan berpikir kreatif
Kehidupan abad 21 menuntut manusia agar belajar lebih tepat dan tangkas sesuai teknologi saat ini. Dalam setiap perkembangan dunia pendidikan, keterampilan kolaborasi dan berpikir kreatif dituntut dikarenakan terjadi perubahan struktur dan sifat tenaga kerja pada abad 21 menjadi lebih kreatif untuk menciptakan ide baru, terlibat dalam kerja tim, menemukan prinsip baru, dan menghasilkan cara baru untuk menyampaikan ide atau gagasan. Akan tetapi, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Firman, dkk., bahwa pembelajaran di sekolah sering didominasi oleh guru daripada siswa, sehingga hanya ada satu arah komunikasi dan siswa cenderung diam dan fokus pada guru mereka, serta hasil survey The Global Creativity Index tahun 2015 dari 139 negara, Indonesia menempati urutan 115, yang menunjukkan tingkat kreativitas individunya masih tergolong rendah. Upaya untuk mengurangi permasalahan tersebut pembelajaran aktif dan kreatif dapat dibangkitkan dengan merancang suatu situasi belajar yaitu dengan model pembelajaran. Penerapan model pembelajaran collaborative creativity dibutuhkan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan keterampilan kolaborasi dan kemampuan berpikir kreatif setelah penerapan model collaborative creativity. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain nonequivalen pretest-posttest control group design. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII A dan VIII B SMP Negeri 11 Magelang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi untuk keterampilan kolaborasi dan soal essay yang berjumlah 5 yang didalamnya memuat materi pengenalan sel untuk kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil observasi 1 dan observasi 2 pada keterampilan kolaborasi, dan perbedaan nilai ratarata pretest dan posttest kemampuan berpikir kreatif. Maka dari itu, keterampilan kolaborasi dan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah penerapan model pembelajaran collaborative creativity mengalami peningkatan.


Ketersediaan
100-UN57.U1-SI-X-2023IPA SAB P 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA SAB P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XIII;129HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik