Text
SKRIPSI ANALISIS KONSEP GREEN PRODUCT PADA UMKM BATIK (STUDI KASUS PADA BATIK NANOM KOTA MAGELANG)
ABSTRAK
Kerusakan lingkungan akibat meningkatnya industri dan penanganan limbah yang tidak tepat, meningkatkan kesadaran masyarakat agar menjaga alam. UMKM mulai mengembangkan bisnisnya ke strategi green product karena masyarakat mulai memilih produk yang ramah lingkungan walaupun dengan harga yang lebih mahal. Penerapan strategi green product pada UMKM Batik Nanom Kota Magelang masih menggunakan pewarna alami dari tumbuhan dan ramah untuk lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pendekatan kualitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis, karena di dalam penelitian ini menggambarkan tentang konsep dari green product. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara, dan literature review. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan alat analisis NVivo. Hasil analisis Nvivo dan pembahasan menyatakan bahwa kata yang paling banyak muncul dan saling berhubungan melalui luaran Nvivo seperti word cloud, heirarki chart, dan cluster word adalah green product, manfaat green product pada pemasaran, dan STP. Kata yang paling banyak muncul atau paling penting dapat dijadikan ide pembahasan untuk menganalisis strategi green product pada Batik Nanom. Hasil analisis mengatakan Batik Nanom dalam menerapkan green product dapat meningkatkan penjualan, karena konsumen mulai memilih produk yang ramah lingkungan walaupun harga lebih mahal. Konsumen mulai sadar akan pentingnya menjaga alam dan dengan green product konsumen dapat memenuhi kebutuhan dan sekaligus berpatisipasi untuk menjaga alam.
Kata Kunci : UMKM Batik, Nvivo, Marketing Mix
79-UN57.U1-SMJ-X-2023 | MANAJEMEN PRA A 2023 | Ruang Skripsi (MANAJEMEN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain