Text
SKRIPSI ANALISIS MODEL BISNIS OBJEK WISATA TKL ECOPARK
ABSTRAK
Pariwisata merupakan sektor penyumbang pendapatan nasional dan daerah. Objek Wisata TKL Ecopark menjadi salah satu penyumbang pendapatan daerah Kota Magelang. Adanya pandemi Covid-19 dan meningkatnya jumlah daya tarik wisata di Jawa Tengah berdampak pada menurunnya jumlah kunjungan wisatawan ke TKL Ecopark. Rendahnya jumlah kunjungan wisatawan berdampak pada setoran pajak daerah TKL Ecopark ke Pemerintah Kota Magelang. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan dan pengembangan model bisnis serta merancang strategi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan TKL Ecopark. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi bisnis Objek Wisata TKL Ecopark saat ini menggunakan pendekatan Business Model Canvas (BMC). Kemudian, dilakukan analisis SWOT untuk mengetahui kondisi internal berdasarkan bauran pemasaran dan kondisi eksternal berdasarkan politik, ekonomi, teknologi, sosial, demografi, dan lingkungan. Hasil analisis penelitian menujukan bahwa strategi yang tepat untuk pengembangan Business Model Canvas (BMC) adalah strategi SO yaitu kolaborasi dengan pemerintah untuk program tiket terusan harga terjangkau, mengoptimalkan sosial media untuk menjangkau potensi wisatawan, mencari investor untuk pengembangan, dan meningkatkan pelayanan e-ticketing dengan sistem booking order.
Kata Kunci : TKL Ecopark, BMC, SWOT
76-UN57.U1-SMJ-X-2023 | MANAJEMEN PAN A 2023 | Ruang Skripsi (MANAJEMEN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain