Text
SKRIPSI ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN POTENSI WISATA EMBUNG BANSARI DI KABUPATEN TEMANGGUNG
ABSTRAK
Pariwisata merupakan aspek kunci dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan. Wisata Embung Bansari merupakan wisata baru yang berada dalam fase pengembangan, yang dalam hal ini memerlukan strategi pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor internal, eksternal untuk pengembangan potensi objek wisata Embung Bansari. Penelitian ini menggunakan dua jenis data, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dan observasi, sementara data sekunder diperoleh dari jurnal, buku, dan tinjauan pustaka. Dalam analisis data, penelitian ini menerapkan metode analisis marketing mix 7P untuk mengevaluasi faktor-faktor internal dan Analisis PESTEL digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor eksternal yang berpengaruh pada objek wisata Embung Bansari. Analisis SWOT dilakukan untuk mengetahui kondisi yang digunakan untuk membuat strategi. Analisis SWOT menghasilkan skor IFAS sebesar 0.50 sedangkan EFAS memiliki skor 1,79. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kondisi objek wisata Embung Bansari berada pada kuadran I yaitu memiliki banyak kekuatan dan peluang. Dengan demikian, rumusan strategi yang bisa diterapkan adalah strategi SO yaitu menciptakan wisata tematik, menjalin kemitraan strategis, meningkatkan pemanfaatan teknologi.Strategi tersebut diterapkan untuk mengembangkan potensi yang ada di objek wisata Embung Bansari dalam upaya menarik wisatawan berkunjung.
Kata kunci : SWOT, Wisata, 7P, PESTEL, Strategi
75-UN57.U1-SMJ-X-2023 | MANAJEMEN RIN A 2023 | Ruang Skripsi (MANAJEMEN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain