Text
SKRIPSI SKRIPSI ANALISIS NUMERIK KENYAMANAN TERMAL PADA GERBONG KERETA API TAKSAKA HYPE TRIP
ABSTRAK
Pengoptimalan sistem pengkondisian udara di dalam gerbong kereta merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan kenyamanan termal bagi penumpang. Kenyamanan termal adalah salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan manusia terhadap ruangan yang mereka tempati. Beban pendinginan dihitung menggunakan metode Cooling Load Temperature Difference (CLTD), memainkan peran penting dalam mencapai kenyamanan termal yang optimal. Beban pendinginan meliputi beban eksternal, beban internal, infiltrasi, dan ventilasi. Berdasarkan hasil penelitian temperatur rata-rata di dalam gerbong kereta api Taksaka Hype Trip sebesar 25,60oC dengan kelembaban rata-rata 51,50%. Selain itu, diperoleh beban pendinginan sebesar 35.341,70 kkal/h masih berada di bawah kapasitas pendingin yaitu 40.000 kkal/h. Simulasi CFD dilakukan untuk mengetahui distribusi temperatur, kecepatan udara, tekanan, dan aliran udara di dalam gerbong kereta api Taksaka Hype Trip. Dalam simulasi CFD ini, beberapa variasi desain gerbong telah dipertimbangkan, termasuk desain aktual dan tiga desain lain yang mengubah letak pendingin dan luas jendela, mirip dengan pesawat komersial. Hasil simulasi menunjukkan bahwa KA 3 memiliki distribusi temperatur yang lebih baik dengan temperatur rata-rata sebesar 24,71oC, serta aliran udara yang merata di seluruh gerbong dengan kecepatan rata-rata 0,50 m/s. Tekanan udara ratarata yang diperoleh pada KA 3 ialah sebesar 5,08 Pa.
Kata Kunci: Kenyamanan termal, Metode CLTD, CFD
61-UN57.U1-STM-VIII-2023 | MESIN JAY A 2023 | Ruang Skripsi (TEKNIK MESIN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain