Text
SKRIPSI PELAYANAN KEPENDUDUKAN MELALUI SI JEMPOLAN (AKSI JEMPUT BOLA PELAYANAN) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA MAGELANG
ABSTRAK
PELAYANAN KEPENDUDUKAN MELALUI SI JEMPOLAN (AKSI JEMPUT BOLA PELAYANAN) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA MAGELANG
Muhamad Iqbal Fajrul Falak
1910201060
Program Studi Ilmu Administrasi Negara,
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar
Pelayanan Si Jempolan (Aksi Jemput Bola Pelayanan) merupakan salah satu terobosan yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Magelang sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan terutama dalam kepengurusan Dokumen Kependudukan. Si Jempolan merupakan program jemput bola yang ditujukan kepada pelajar, masyarakat rentan (disable, difable, lansia maupun ODGJ). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis mengenai pelayanan kependudukan melalui Si Jempolan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Magelang. Jenis Penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus Penelitiannya menggunakan kualitas pelayanan menurut James A Fitzsimmons dan Mona J Fitzsimmons (2011), diantaranya yaitu: Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, dan Tangibles. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Teknik analisis data adalah pengumpulan data, induksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian pelayanan kependudukan melalui Si Jempolan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Magelang, yaitu: 1) Kemampuan petugas dalam memberikan dan melaksanakan pelayanan secara handal dan akurat sudah berjalan dengan baik, 2) para petugas sudah merespon terhadap keluhan dan selalu bersedia membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan, 3) terkait dengan jaminan semuanya sudah berjalan dengan maksimal dan sudah terpenuhi, 4) Dalam memberikan pelayanan para petugas juga sudah peduli dan perhatian terhadap para masyarakat, 5) terkait dengan fasilitas yang ada di dalam pelayanan Si Jempolan sebenarnya sudah baik dan penggunaannya sudah maksimal, namun hanya saja dari sisi jumlah memang masih terdapat keterbatasan sehingga menghambat proses pelayanan, dan terkesan lebih lambat
Kata Kunci: Pelayanan Publik, Administrasi Kependudukan, Jemput Bola
122-UN57.U1-SSP-X-2023 | ADMINISTRASINEGARA FAL P 2023 | Ruang Skripsi (ADMINISTRASI NEGARA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain