PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI VIRUS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK FASE E SMA NEGERI 5 MAGELANG

GALUH NURANI ESA KINANTI - Nama Orang;

ABSTRAK Kinanti, Galuh Nurani Esa. 2023. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Learning Cycle 7E Pada Materi Virus Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Fase E SMA Negeri 5 Magelang”. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Karunia Galih Permadani, M. Sc., Pembimbing II Shefa Dwijayanti Ramadani, M. Pd.
Kata kunci: LKPD, Learning Cycle 7E, Pemahaman Konsep, Virus
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan pembelajaran yang ada di SMA Negeri 5 Magelang meliputi sumber belajar yang dapat diakses secara online, buku paket Kemendikbud yang masih dipinjami oleh sekolah, dan lembar kerja yang dibuat oleh guru. Lembar kerja tersebut masih terdiri dari kumpulan soal dan beberapa ringkasan materi yang belum mampu meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Berdasarkan hasil wawancara pemahaman konsep peserta didik kelas X pada materi virus masih belum optimal. Hal ini dapat dilihat dari persentase peserta didik yang tidak tuntas berjumlah 47,61% dengan minimal ketuntasan 70%. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis kelayakan LKPD berbasis Learning Cycle 7E berdasarkan aspek validitas oleh ahli bahan ajar dan materi, serta aspek praktikalitas oleh guru dan peserta didik. Selain itu, untuk menganalisis peningkatan pemahaman konsep peserta didik SMA Negeri 5 Magelang. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu: 1) Analysis, yaitu menganalisis kurikulum, analisis peserta didik, analisis permasalahan, dan analisis kebutuhan. 2) Design, yaitu penetapan kerangka LKPD dan penyusunan tata letak LKPD. 3) Development, yaitu penyusunan LKPD menggunakan aplikasi Canva. 4) Implementation, yaitu uji coba instrumen tes menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Post-test Design dengan populasi penelitian adalah peserta didik kelas X-2 SMA Negeri 5 Magelang dan teknik sampling berupa purposive sampling. 5) Evaluation, yaitu evaluasi yang dilakukan pada setiap tahap pengembangan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah modul ajar, lembar wawancara, validasi LKPD, angket respon, soal tes, validasi soal, dan lembar keterlaksanaan kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil pemahaman konsep yang diperoleh, rata- rata nilai pre-test sebesar 51,52 dan nilai post-test sebesar 85,13. Hasil validasi kelayakan LKPD oleh ahli bahan ajar dan ahli materi diperoleh sebesar 76,38% dan 83% dengan kriteria sangat layak. Hasil penilaian guru dan peserta didik terhadap kelayakan bahan ajar LKPD diperoleh sebesar 97,91% dan 83,32% dengan kategori sangat layak. Sehingga LKPD berbasis Learning Cycle 7E layak digunakan sebagai bahan ajar Biologi materi virus pada peserta didik kelas X. Hasil keefektifan bahan ajar LKPD berbasis Learning Cycle 7E terhadap pemahaman konsep peserta didik diperoleh nilai N-gain sebesar 0,7 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Learning Cycle 7E layak digunakan sebagai bahan ajar Biologi materi virus pada peserta didik kelas X dan terdapat peningkatan pemahaman konsep peserta didik.


Ketersediaan
82-UN57.U1-SPB-X-2023BIOLOGI KIN P 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI KIN P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XIV;193HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik