Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI VIRUS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK FASE E SMA NEGERI 5 MAGELANG
ABSTRAK Kinanti, Galuh Nurani Esa. 2023. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Learning Cycle 7E Pada Materi Virus Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Fase E SMA Negeri 5 Magelang”. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Karunia Galih Permadani, M. Sc., Pembimbing II Shefa Dwijayanti Ramadani, M. Pd.
Kata kunci: LKPD, Learning Cycle 7E, Pemahaman Konsep, Virus
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan pembelajaran yang ada di SMA Negeri 5 Magelang meliputi sumber belajar yang dapat diakses secara online, buku paket Kemendikbud yang masih dipinjami oleh sekolah, dan lembar kerja yang dibuat oleh guru. Lembar kerja tersebut masih terdiri dari kumpulan soal dan beberapa ringkasan materi yang belum mampu meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Berdasarkan hasil wawancara pemahaman konsep peserta didik kelas X pada materi virus masih belum optimal. Hal ini dapat dilihat dari persentase peserta didik yang tidak tuntas berjumlah 47,61% dengan minimal ketuntasan 70%. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis kelayakan LKPD berbasis Learning Cycle 7E berdasarkan aspek validitas oleh ahli bahan ajar dan materi, serta aspek praktikalitas oleh guru dan peserta didik. Selain itu, untuk menganalisis peningkatan pemahaman konsep peserta didik SMA Negeri 5 Magelang. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu: 1) Analysis, yaitu menganalisis kurikulum, analisis peserta didik, analisis permasalahan, dan analisis kebutuhan. 2) Design, yaitu penetapan kerangka LKPD dan penyusunan tata letak LKPD. 3) Development, yaitu penyusunan LKPD menggunakan aplikasi Canva. 4) Implementation, yaitu uji coba instrumen tes menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Post-test Design dengan populasi penelitian adalah peserta didik kelas X-2 SMA Negeri 5 Magelang dan teknik sampling berupa purposive sampling. 5) Evaluation, yaitu evaluasi yang dilakukan pada setiap tahap pengembangan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah modul ajar, lembar wawancara, validasi LKPD, angket respon, soal tes, validasi soal, dan lembar keterlaksanaan kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil pemahaman konsep yang diperoleh, rata- rata nilai pre-test sebesar 51,52 dan nilai post-test sebesar 85,13. Hasil validasi kelayakan LKPD oleh ahli bahan ajar dan ahli materi diperoleh sebesar 76,38% dan 83% dengan kriteria sangat layak. Hasil penilaian guru dan peserta didik terhadap kelayakan bahan ajar LKPD diperoleh sebesar 97,91% dan 83,32% dengan kategori sangat layak. Sehingga LKPD berbasis Learning Cycle 7E layak digunakan sebagai bahan ajar Biologi materi virus pada peserta didik kelas X. Hasil keefektifan bahan ajar LKPD berbasis Learning Cycle 7E terhadap pemahaman konsep peserta didik diperoleh nilai N-gain sebesar 0,7 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Learning Cycle 7E layak digunakan sebagai bahan ajar Biologi materi virus pada peserta didik kelas X dan terdapat peningkatan pemahaman konsep peserta didik.
82-UN57.U1-SPB-X-2023 | BIOLOGI KIN P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain