Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN MEDIA CHOOSE NUMBER TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF SISWA SMA KELAS XI SUB MATERI SISTEM SARAF MANUSIA DI SMA NEGERI 2 MAGELANG
ABSTRAK
Arganingtias, Indria. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick dengan Media Choose Number terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Afektif Siswa SMA Kelas XI Sub Materi Sistem Saraf Manusia di SMA Negeri 2 Magelang”. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Ika Sukmawati, M.Pd. Pembimbing II Dr. Ericka Darmawan, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar Kognitif, Materi Sistem Saraf, Model Talking Stick, Media Choose Number, Hasil Belajar Afektif.
Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurang optimalnya hasil belajar kognitif dan afektif siswa di SMA Negeri 2 Magelang, model pembelajaran yang digunakan kurang memfasilitasi kebutuhan belajar siswa sehingga kurang berpengaruh terhadap hasil belajar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penerapan model Talking Stick dengan media Choose Number. Tujuan penelitian ini yaitu, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Talking Stick dengan media Choose Number terhadap hasil belajar kognitif siswa pada sub materi sistem saraf pada manusia di SMA Negeri 2 Magelang dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Talking Stick dengan media Choose Number terhadap hasil belajar afektif siswa pada sub materi sistem saraf pada manusia di SMA Negeri 2 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Magelang. Sampel penelitian diambil dari populasi yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif serta uji hipotesis dengan uji Independent Sample T Test dan uji Mann-Whitney U Test pada taraf signifikansi ∝=0,05. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata post-test hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 79,50, dibandingkan nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 71,74. Hasil uji hipotesis dengan uji Mann Whitney U Test diperoleh signifikansi sebesar 0,00. Taraf signifikansi yang didapatkan < 0,05 dengan keputusan H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan antara hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen maupun kontrol pada kondisi akhirnya. Rata-rata nilai hasil belajar afektif akhir pada kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 75,09 dibandingkan rata-rata nilai kelas kontrol sebesar 70,09. Hasil uji hipotesis dengan uji Independent Sample T Test diperoleh signifikansi sebesar 0,00. Taraf signifikansi yang didapatkan < 0,05 dengan keputusan H0 ditolak H1 diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar afektif yang signifikan antara siswa kelas kontrol dan eksperimen pada akhir pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Talking Stick dengan media Choose Number berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan afektif siswa di SMA Negeri 2 Magelang pada materi sistem saraf.
81-UN57.U1-SPB-X-2023 | BIOLOGI ARG P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain