Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES (SSI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA MAN KOTA MAGELANG PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN
ABSTRAK
Faridatun Nashihah. 2023. “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Socio-Scientific Issues (SSI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Keterampilan Komunikasi Siswa MAN Kota Magelang Pada Materi Perubahan Lingkungan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ericka Darmawan, M.Pd., Pembimbing II Serafica Btari Christiyani Kusumaningrum, M.Sc.
Kata kunci: Socio Scientific Issues, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Keterampilan Komunikasi, Perubahan Lingkungan.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi siswa yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem based learning (PBL) berbasis socio-scientific issues (SSI) terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi siswa materi perubahan lingkungan. Metode yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain pretest posttest control group desain. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-2 dan X-7 MAN Kota Magelang, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan lembar angket. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah nilai pretest dan posttest materi perubahan lingkungan, serta hasil pengisian angket keterampilan komunikasi siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t (Independent Sample T-Test).
Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan model problem based learning (PBL) berbasis socio-scientific issues (SSI) terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi siswa materi perubahan lingkungan. Pada pengaruh penggunaan model problem based learning (PBL) berbasis socio-scientific issues (SSI) terhadap kemampuan berpikir kritis memiliki nilai asymp sig. (2-tailed) sebesar 0.008. Pengaruh penggunaan model problem based learning (PBL) berbasis socio-scientific issues (SSI) terhadap keterampilan komunikasi siswa memiliki nilai asymp sig. (2-tailed) sebesar 0.042. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model problem based learning (PBL) berbasis socio-scientific issues (SSI) terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi siswa materi perubahan lingkungan.
80-UN57.U1-SPB-X-2023 | BIOLOGI NAS P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain