Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS E-MODUL KEANEKARAGAMAN PTERIDOPHYTA DI KAWASAN AIR TERJUN SIKARIM SEBAGAI BAHAN AJAR BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X
ABSTRAK
Latifah, Umi. (2023). Efektivitas E-Modul Keanekaragaman Pteridophyta Di Kawasan Air Terjun Sikarim Sebagai Bahan Ajar Biologi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ericka Darmawan, M.Pd., Pembimbing II Serafica Btari Christiyani Kusumaningeum, M. Sc.
Kata Kunci: E-Modul, Pteridophyta, Air Terjun Sikarim, Keanekaragaman Hayati, Hasil Belajar Kognitif.
Pteridophyta merupakan salah satu tumbuhan yang banyak dijumpai salah satunya yaitu di Kawasan Air Terjun Sikarim. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru biologi di SMAN 1 Mojotengah bahwa pembelajaran biologi di sekolah belum maksimal dalam menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar. Penyampaian materi dilakukan dengan metode konvensional dan bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran biologi berupa bahan ajar cetak dari satu penerbit dan belum berbasis potensi lokal. Oleh karena itu, pembelajaran menggunakan bahan ajar e-modul berbasis potensi Pteridophyta di Kawasan Air terjun Sikarim dapat menjadi alternatif bahan ajar pada materi keanekaragaman hayati. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) mengetahui apa saja jenis jenis Pteridophyta yang ada di kawasan Air Terjun Sikarim. 2) Mengetahui kelayakan e-modul sebagai bahan ajar biologi siswa. 3) Menganalisis keefektifan e-modul terhadap hasil belajar kognitif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) model 4D. Pada tahap disseminate dilakukan uji coba skala kecil dengan desain one group pretest post-test. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-7 SMAN 1 Mojotengah.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa e-modul berbasis potensi Pteridophyta di Kawasan Air terjun Sikarim layak digunakan sebagai bahan ajar pada materi keanekaragaman hayati, dengan perolehan nilai dari ahli materi sebesar 93,22% dan ahli media sebesar 87,17% serta pengisian tanggapan dari peserta didik sebesar 82,22% dan tanggapan guru sebesar 95,57%. Keefektifan e-modul terhadap hasil belajar peserta didik dilihat berdasarkan nilai N-Gain. Hasil perhitungan menunjukkan terdapat perbedaan hasil pretest dan post-test. Peningkatan hasil belajar peserta didik dikategorikan tinggi dengan N-Gain sebesar 0,789. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis potensi Pteridophyta di Kawasan Air terjun Sikarim layak serta efektif digunakan sebagai bahan ajar biologi materi keanekaragaman hayati.
78-UN57.U1-SPB-X-2023 | BIOLOGI LAT E 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain