Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODUL AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI DINAMIKA LINGKUNGAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK SMA KELAS X
ABSTRAK
Asrianti, Wina. 2023. “Efektivitas Modul Ajar Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Dinamika Lingkungan terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik SMA Kelas X” Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ericka Darmawan, S.Si., S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Ika Sukmawati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Modul Ajar, Problem Based Learning (PBL), Dinamika Lingkungan, Pemahaman Konsep
Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan pembelajaran biologi di kelas X SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang yang masih berpusat pada guru dan cenderung kepada pengetahuan menghafal materi, sehingga pemahaman konsep peserta didik belum optimal. Materi dinamika lingkungan erat kaitannya dengan permasalahan lingkungan yang ada dikehidupan nyata , yang sesuai dengan konsep pembelajaran PBL, yaitu pembelajaran yang berbasis masalah. Kurikulum di kelas X menggunakan kurikulum merdeka dan rencana pembelajarannya menggunakan modul ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul ajar berbasis PBL berdasarkan penilaian ahli pengembangan bahan ajar dan ahli materi dan efektivitasnya terhadap pemahaman konsep peserta didik.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan model 4D (define, design, develop, dan disseminate) yang dibatasi menjadi 3D (define, design, dan develop) dan uji coba terbatas. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar wawancara, lembar validasi ahli, dan intrumen tes berupa soal pilihan ganda. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara kepada guru biologi, dan tes yang terdiri dari pretest dan post-test. Analisis data dilakukan dengan menganalisis kelayakan produk dan analisis tes yang meliputi validitas soal pretest dan post-test, uji reliabilitas, tingkat kesukaran soal, daya beda soal, dan analisis efektivitas.
Produk hasil pengembangan modul ajar berbasis PBL pada materi dinamika lingkungan dinyatakan layak untuk diterapkan di dalam kelas berdasarkan penilaian kelayakan oleh ahli pengembangan bahan ajar dan ahli materi yang memperoleh persentase rata-rata sebesar 85,92% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil N-gain score peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik yang dihitung berdasarkan nilai pretest dan post-test memperoleh nilai sebesar 0,58 yang tergolong memiliki tingkat efeitivitas dengan kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa modul ajar berbasis PBL pada materi dinamika lingkungan layak untuk diuji cobakan dan memperoleh hasil yang efektif dengan kategori sedang terhadap pemahaman konsep peserta didik.
77-UN57.U1-SPB-X-2023 | BIOLOGI ASR E 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain