Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERLIBATAN PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM RESPIRASI KELAS XI SMA SYUBBANUL WATHON
ABSTRAK
Malik, P. F. P. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Keterlibatan Peserta Didik Pada Materi Sistem Respirasi Kelas XI SMA Syubbanul Wathon”. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd. Pembimbing II Dr. Ericka Darmawan, S.Si., M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar Kognitif, Keterlibatan Peserta Didik, Materi Sistem Respirasi, Model Pembelajaran POE.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya keterlibatan peserta didik, hasil belajar kognitif peserta didik yang masih dibawah kriteria ketuntasan minimal serta model pembelajaran yang digunakan kurang bisa mengoptimalkan hasil belajar kognitif dan keterlibatan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran POE terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi sistem respirasi kelas XI SMA Syubbanul Wathon. (2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran POE terhadap keterlibatan peserta didik pada materi sistem respirasi kelas XI SMA Syubbanul Wathon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dan desain penelitian pretest post-test nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Syubbanul Wathon. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 78,27 dan kelas kontrol sebesar 74,07. Hasil pengujian hipotesis nilai rata-rata post-test kelas eksperimen memperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,049 < 0,05. (2) Skor rata-rata keterlibatan akhir kelas eksperimen sebesar 64,47 dengan kategori sangat tinggi dan skor rata-rata kelas kontrol sebesar 56,77 dengan kategori tinggi. Hasil pengujian hipotesis nilai rata-rata post-test kelas eksperimen memperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,033 < 0,05. Pengujian hipotesis dianalisis menggunakan uji independent sample t-test pada taraf signifikansi 0,05 menggunakan bantuan program SPSS versi 20. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran POE berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan keterlibatan peserta didik kelas XI MIPA SMA Syubbanul Wathon pada materi sistem respirasi. Saran dari penelitian ini diharapkan peneliti selanjutnya untuk dapat memperinci hasil perhitungan angket dan observasi dengan presentase perindikator.
84-UN57.U1-SPB-X-2023 | BIOLOGI MAL P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain