Text
SKRIPSI PERILAKU KONSUMEN GENERASI Z DALAM PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PRODUK KECANTIKAN DI TIKTOK LIVE
ABSTRAK
(Ken Galuh Seruni, 2023)
PERILAKU KONSUMEN GENERASI Z DALAM
PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN
PRODUK KECANTIKAN DI TIKTOK LIVE
Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar
TikTok sebagai media baru yang menghadirkan fitur social commerce, memungkinkan penggunanya untuk dapat menjelajah sosial media sembari melakukan pembelanjaan. Trafik skor pemasaran melalui live streaming, posisi teratas diduduki oleh penjualan produk perawatan dan kecantikan. Sedangkan, pembeli produk kecantikan didominasi oleh gen Z, atau generasi yang tumbuh dan dibesarkan oleh internet. Melalui fitur TikTok live, saat ini konsumen generasi Z lebih tertarik melakukan pembelian melalui live streaming dibanding e-commerce maupun toko konvensional, sehingga terdapat adanya perbedaan perilaku berbelanja dalam proses pengambilan keputusan gen Z di live TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku berbelanja konsumen pada generasi Z dalam proses pengambilan keputusan produk kecantikan di TikTok live. Pada penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode penelitian data yang digunakan dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk memenuhi kebutuhan peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku berbelanja gen Z pada tahap pengenalan masalah, terdapat faktor psikologi atau motivasi dalam diri untuk melakukan pembelian karena adanya potongan harga. Pada tahap pencarian informasi serta keputusan pembelian terdapat interaksi user to user antara host dan penonton dalam memanfaatkan fitur komentar. Pada tahap evaluasi alternatif dan perilaku pasca pembelian terdapat interaksi user to system yang ditemukan pada interaksi satu arah oleh gen Z dengan teknologi web atau fitur TikTok live seperti pemberian rating serta mengetahui ulasan rating orang lain. Melalui proses pengambilan keputusan tersebut, dapat diketahui penerapan ekologi media TikTok live, dalam hal ini keputusan pembelian atau perilaku berbelanja ditentukan oleh media, untuk menghasilkan pengalaman yang memuaskan bagi para konsumen serta memenuhi kebutuhan mereka.
Kata Kunci: Gen Z, Perilaku Konsumen, Produk Kecantikan, Proses Pengambilan Keputusan, TikTok Live
92-UN57.U1-SIK-X-2023 | KOMUNIKASI SER P 2023 | Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain