Text
SKRIPSI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI WOM DALAM MENDORONG PERTUMBUHAN USAHA UMKM IKAN CHANNA BOIS DI KABUPATEN MAGELANG
ABSTRAK
(Ardiyanti Pratiwi, 2023)
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI WOM DALAM MENDORONG PERTUMBUHAN USAHA UMKM IKAN CHANNA BOIS DI KABUPATEN MAGELANG
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar
Indonesia adalah negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, dan salah satu motor penggerak utama pertumbuhan ekonomi di negara ini adalah Usaha Kecil dan Menengah (UMKM). Salah satu sektor usaha UMKM yang tingkat pertumbuhannya pesat adalah jual beli ikan hias. Dalam berbisnis ikan hias khususnya ikan channa, bisa menjadi hobi sekaligus bisnis yang dapat dilakukan pada waktu yang bersamaan. Dengan ini Channa Bois hadir sebagai salah satu UMKM yang ingin mengembangkan bisnisnya. Channa Bois menerapkan strategi komunikasi pemasaran melalui word of mouth (WOM) dan electronic word of mouth (eWOM) dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan ikan channa. Channa Bois juga memiliki kekuatan dengan memanfaatkan peluang yaitu dengan memperhatikan adanya faktor penghambat maupun pendukung atau yang biasa disebut dengan SWOT (Strong, Weakness, Opportunities, Threat). Berdasarkan laporan kewirausahaan ini, Channa Bois telah mencapai target laba luaran. Dalam tercapainya target bisnis ikan channa ini juga bukan hanya mengandalkan dari kualitas ikan yang dijual, namun juga dipengaruhi oleh strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan melalui WOM dan eWOM.
Kata kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, SWOT, WOM, e-WOM, UMKM Ikan Channa Bois.
89-UN57.U1-SIK-X-2023 | KOMUNIKASI PRA S 2023 | Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain