Text
SKRIPSI PERAN SUTRADARA DALAM PRODUKSI IKLAN TKL ECOPARK “WAJAH BARU – TKL ECO PARK”
ABSTRAK
(Melina Tilarahayu, 2023)
PERAN SUTRADARA DALAM PRODUKSI IKLAN TKL ECOPARK-WAJAH BARU TKL ECOPARK
Jurusan Ilmu Komunikas, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar
Kyai Langgeng merupakan destinasi wisata unggulan di Kota Magelang. Hingga pada akhirnya Covid-19 melanda seluruh dunia, hal tersebut mengakibatkan menurunnya jumlah kunjungan wisatawan taman Kyai Langgeng. Sehingga Taman Kyai Langgeng beralih nama menjadi TKL Ecopark dan melakukan re-branding dengan promosi wisata melalui media sosial untuk kalangan millenial. Pembuatan karya ini menggunakan metode riset dan wawancara melalui sumber pihak pengelola. Jenis karya, yaitu iklan video dengan menekankan sisi pengalaman. Penulis sebagai sutradara dalam pembuatan karya ini memegang tanggung jawab pelaksanaan meliputi pra produksi, produksi dan pasca produksi. Iklan wisata TKL Ecopark ini berdurasi 1 menit 6 detik menyajikan tayangan tentang wisatawan yang sedang berwisata di TKL Ecopark. Hal yang mendasari produksi video iklan ini yakni kurang menariknya konten-konten yang dibuat dan diunggah melalui media sosial TKL Ecopark yang melakukan transformasi guna menarik kembali minat pengunjung pasca Covid-19. Penulis sebagai sutradara bertanggungjawab untuk menyusun rencana pengambilan gambar, menentukan lokasi, memilih pemeran, memberikan pendampingan dan arahan kepada anggota tim sesuai dengan tugas masing-masing anggota. Penulis menerapkan Teori Retorika Aristoteles sebagai acuan komunikasi persuasif dalam pembuatan karya iklan agar tercipta karya dengan ide kreatif dan konsep yang menarik untuk mempersuasi khalayak. Dengan demikian, penulis berharap bahwa karya ini dapat menjadi referensi dalam produksi iklan.
Kata Kunci : TKL Ecopark, Re-Branding, Iklan, Sutradara
123-UN57.U1-SIK-X-2023 | KOMUNIKASI TIL P 2023 | Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain