Text
SKRIPSI PERAN SUTRADARA DALAM PRODUKSI SOCIAL MEDIA ADVERTISING CAMPAIGN “DUKUNG PRODUK LOKAL”
ABSTRAK
Rizky Maulidya Amanah (2023): Peran Sutradara Dalam Produksi Social Media Advertising Campaign “Dukung Produk Lokal”
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,
Universitas Tidar
Iklan merupakan suatu pesan yang disampaikan dengan tujuan untuk memperkenalkan sebuah produk maupun jasa kepada khalayak melalui platform media sosial tertentu. Iklan yang penulis buat ini berdasarkan masih banyaknya masyarakat Indonesia yang lebih bangga terhadap produk luar dibandingkan produk
lokal. Melalui adanya iklan ini, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk bangga terhadap produk lokal dengan menggunakan produk dalam negeri. Pada produksi iklan tersebut, penulis berperan sebagai Sutradara. Tujuan dari penulisan laporan akhir ini adalah untuk menjabarkan peran Sutradara pada produksi Iklan Campaign “Dukung Produk Lokal”. Metode yang dilaksanakan dalam pembuatan iklan campaign ini yaitu dengan menerapkan tahapan-tahapan Sutradara mulai dari pra produksi, produksi, hingga pasca produksi, seperti kegiatan pada pra produksi seperti menentukan ide, mengembangkan naskah alur cerita, melaksanakan casting dan reading, survey lokasi dan membuat storyboard. Selanjutnya pada tahapan produksi sutradara berperan memonitoring hasil pengambilan gambar hingga membantu pemeran dalam mendalami peran dari karakter pada alur cerita. Hingga tahapan terakhir yaitu pasca produksi sutradara berperan memonitoring saat editing sampai dengan final checking sebelum kegiatan publikasi. Hasil dari tugas akhir ini yaitu iklan campaign “Dukung Produk Lokal” sebagai salah satu bentuk implementasi social media advertising campaign dengan menerapkan Konsep AIDA yang digunakan sebagai pembentuk keefektifan pesan iklan yang akan disampaikan. Iklan campaign ini menampilkan produk-produk yang ada di Itsflow store dengan jelas agar audiens menjadi tertarik. Sehingga audiens mampu menangkap pesan yang terdapat dalam iklan tersebut dengan baik.
Kata Kunci: Iklan, Kampanye Iklan, Sosial Media, Produk Lokal, Sutradara
132-UN57.U1-SIK-X-2023 | KOMUNIKASI AMA P 2023 | Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain